Apa Yang Akan Terjadi Jika Tidak Ada Listrik (Blackout) Berkepanjangan?


Kita semua pasti setuju kalau mati lampu itu menyebalkan. Gelap gulita, baterai HP tinggal 5%, jempol kaki kesandung meja gara-gara jalan dikegelapan mencari dimana lilin berada. Mati lampu biasanya berlangsung selama 2-3 jam saja, ada juga yang sampai seharian tergantung dari masalahnya.

Pada bulan Agustus 2019 lalu, di Jabodetabek terjadi pemadaman listrik secara massal selama dua hari pada tanggal 4 dan 5. Pemadaman ini masih diikuti dengan pemadaman bergilir pada hari-hari berikutnya. Kejadian tersebut berdampak pada lumpuhnya kegiatan pelayanan umum yang bergantung pada listrik seperti jaringan sinyal telepon seluler yang hilang, tidak beroperasinya KRL, sampai terjadi kepanikan massal. Mati lampu sehari saja sudah bikin panik, coba bayangkan jika mati lampu itu berlangsung berminggu-minggu bahkan sampai berbulan-bulan. Apa yang akan terjadi?



Indosurvival.com mencoba merangkum kemungkinan yang akan terjadi jika hal tersebut benar-benar kejadian:

1.  Bidang logistik makanan akan lumpuh total. Makanan akan menjadi langka dikarenakan tidak adanya listrik untuk mengaliri kulkas ataupun freezer. Makanan segar tidak akan ditemukan di supermarket. Makanan kaleng dan instan akan habis diborong. Akan terjadi sedikit kekacauan, harga bahan makanan akan mengalami kenaikan, beberapa masyarakat kelas bawah akan mengalami kelaparan.

2. Sistem komputer yang menjalankan semua sistem keuangan dan perbankan akan lumpuh. Sistem keuangan dunia akan bermasalah. orang-orang tidak bisa membayar gaji, hutang, dan sebagainya. Tidak ada uang berarti kelaparan. Penjarahan akan mengikuti.

3. Banyak orang di rumah sakit mengandalkan 100% listrik untuk kelangsungan hidup mereka. Tanpanya, kita sudah tahu pasti yang akan terjadi. Kematian.

4. Media akan lumpuh. Berita-berita penting akan luput dari pantauan masyarakat, pemerintahan tidak ada yang mengawasi. 

5. Akan terjadi PHK besar-besaran di seluruh dunia. Ekonomi dunia lumpuh total, kriminalitas meningkat. 

Kerusuhan akan tidak terhindarkan jika terjadi pemadaman listrik berkepanjangan. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.)

Hal di atas adalah sisi buruk jika listrik tiba-tiba tidak ada di dunia ini. Namun ada juga dampak positif romanis dari tidak adanya listrik berkepanjangan, seperti berikut ini:

1. Sebagian besar masyarakat akan mulai mengikuti waktu alam, bangun saat subuh dan tidur setelah matahari terbenam seperti kehidupan di pedesaan.

2. Radio akan kembali pada masa jayanya. Pemerintah akan memprioritaskan pemancar radio, pemancar sinyal dan telepon kabel agar selalu tersuplai oleh listrik melalui genset.

3. Layanan telepon dasar akan tetap beroperasi. Sekedar untuk telepon atau sms saja.

4. Anak-anak akan mulai kembali bermain mainan tradisional, analog. Petak umpet akan kembali jadi mainan favorit anak-anak.

5. Masyarakat akan mulai hidup efisien, memasak masakan segar yang disiapkan setiap hari. Tidak ada makanan siap saji. Tidak ada kulkas dan freezer.

6. Malam akan menjadi sangat sunyi. Pada awalnya kita akan merasa asing dan takut dengan suasananya, tapi kelamaan kita akan menyadari bahwa malam sunyi itu benar-benar mampu membuat tenang sanubari.

7. Komunikasi menjadi lebih berkualitas. Orang-orang akan mempunyai waktu lebih untuk bersama dengan keluarganya. Akan terjadi keakraban sosial yang selama ini terdistraksi oleh adanya handphone, dan sosial media. 

Global Blackout berkepanjangan akan membuat mainan tradisional kembali digemari anak-anak (Sumber: abesagara.com)

8. Kehidupan malam akan tampak di langit, bukan di jalanan. Kita bisa melihat kilauan bintang-bintang di angkasa setiap hari.

9. Kita akan lebih sering berkumpul dengan tetangga saat sore hari menjelang malam dan menyadari bahwa ternyata ada kehidupan lain di sekitar kita. 

10. Koran cetak akan kembali dibeli masyarakat, teka-teki silang akan kembali dicari, buku-buku yang terbengkalai di gudang akan kembali dibersihkan dari debu. Semua sekedar untuk menghabiskan waktu yang terasa begitu panjang.

11. Kita akan merasa sangat gembira saat listrik kembali menyala, namun bisa dipastikan kalau kita akan merindukan masa satu bulan tanpa listrik itu. 


Begitulah kira-kira yang akan terjadi jika tiba-tiba tidak ada listrik di dunia ini. Sebenarnya masih banyak sekali kemungkinan lainnya. Dunia akan kembali seperti pada jaman dahulu saat belum ditemukan listrik. Yang membuatnya berbahaya adalah ketiba-tibaan. Kita selama ini hidup menggunakan bantuan listrik, kita bergantung padanya. Saat kemudahan karena listrik tiba-tiba hilang, otomatis akan terjadi kekacauan yang tidak bisa dihindarkan.

...

Kalian bisa baca-baca puluhan ebook tentang survival dan dunia petualangan luar ruang yang sudah kami kumpulkan disini.

Agar selalu update info terbaru: Follow instagram @indosurvival & Like Fanpage Facebook Indosurvival
Apa Yang Akan Terjadi Jika Tidak Ada Listrik (Blackout) Berkepanjangan? Apa Yang Akan Terjadi Jika Tidak Ada Listrik (Blackout) Berkepanjangan? Reviewed by abesagara on Mei 07, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar