Apa Itu EDC (Everyday Carry) dalam Survival?


Kalau sobat sering mantengin artikel survival berbahasa inggris pasti sering mendengar istilah EDC, kepanjangan dari Everyday Carry atau kalau di terjemahkan ke bahasa Indonesia jadi 'Dibawa Setiap Hari'.


Everyday Carry (EDC) adalah sekumpulan peralatan dan perlengkapan kecil nan ringkas yang bisa selalu kita bawa setiap hari untuk membantu mempermudah kita dalam menghadapi berbagai situasi yang umum atau sampai dengan situasi bencana.

EDC mengacu pada filosofi survival yaitu semangat 'kesiapan'. Prinsip EDC adalah, membawa peralatan dan perlengkapan survival sehari-hari seefektif dan seefisien mungkin. Perlengkapan EDC biasanya dalam ukuran yang muat di kantong atau dalam kemasan kecil, dan / atau dapat dilengkapi pada pakaian seperti ikat pinggang. Penekanannya biasanya terletak pada kegunaan, kemudahan aksesibilitas dan keandalan perlengkapan tersebut. Pisau lipat, multitools, senter, dan ponsel merupakan EDC standar yang sering kita gunakan sehari-hari.


Berikut adalah daftar perlengkapan EDC standar yang sering jumpai sehari-hari:

Peralatan/Perlengkapan

  • Pisau lipat / folding knife, 
  • Multi tools (alat serba guna macam swiss army, leatherman, dll)
  • Jam Tangan
  • Senter / flashlight (senter kecil, senter kepala / headlamp, atau senter “taktis” / “tactical” flashlight)
  • Peluit
  • Alat komunikasi (telepon genggam, walkie talkie / HT, dll)
  • Alat elektronik fungsional (GPS, kamera, multimeter, dll)
  • Pena, pensil, atau tactical pen yang dapat digunakan menyerupai kubotan dan digunakan untuk menyerang atau menikam musuh
  • Notebook/buku catatan
  • Tali / Paracord
  • Kain lap / sapu tangan
  • Korek api atau fire starter lainnya
  • Aksesoris lainnya seperti gunting kuku, gunting lipat, karabiner, dll.
  • Alat pertahanan diri seperti pepper spray, stun gun / taze, dll

Perbekalan/Obat-obatan
  • Makanan / minuman ringkas seperti botol air, makanan tinggi energi (enertabs, granola bar, dll)
  • First Aid Kit / obat-obatan

Semakin genting situasi kita berada, maka EDC yang diperlukan juga semakin banyak. Dalam situasi ini kita bisa menggunakan Tas Bug-out. (foto: readytogosurvival.com)

Pilihan perlengkapan untuk EDC akan bervariasi tergantung dari jenis aktivitas dan lingkungan:

Sehari-hari
EDC bagi mereka yang ingin melengkapi diri untuk kegiatan sehari-hari, misal untuk pekerja gudang atau pekerja lapangan. Umumnya dilengkapi pisau saku dan sarung tangan.

Saat Bencana
Bagi kalian yang hidup di daerah rawan bencana, lampu senter dan alat komunikasi akan sangat penting. Menyiapkan tas siap bencana dengan persediaan air dan makanan yang cukup, mudah ditemukan dan siap dibawa pada saat terjadi bencana.

Kesehatan
Bagi pengguna yang memerlukan perhatian kesehatan khusus dan berpotensi untuk memerlukan pengobatan darurat harus melengkapi dirinya dengan obat-obatan yang sesuai.


Penunjuk Waktu
Memiliki alat penunjuk waktu yang handal untuk keperluan pengukuran waktu. Gunakanlah jam tangan multifungsi yang dapat sekaligus berperan menjadi GPS dan multimeter seperti produk jam dari Suunto, Garmin, dll.

Keamanan
Keamanan pribadi adalah istilah yang sangat luas dalam EDC. Umumnya diartikan membawa alat pertahanan diri seperti senjata api, senjata tajam / pisau, senter taktis, pena taktis, pepper spray, stun gun, atau peralatan kecil yang bisa digunakan sebagai senjata pertahanan diri.

Kegiatan Alam Bebas
Sebuah kompas untuk menunjukkan arah akan sangat peting dalam alam bebas. Saat ini sudah ada alat GPS dengan harga yang relatif terjangkau untuk melengkapi kebutuhan tersebut. Pelaku kegiatan alam bebas juga biasanya melengkapi diri dengan tali, alat pembuat api / fire starter dan air minum atau alat penyaring air. Sebuah alat pembuat suara keras (misal peluit dan air horn) bisa berguna untuk menakuti hewan liar.

Intinya, EDC adalah alat-alat yang wajib kita bawa sehari-hari sebagai persiapan kalau sewaktu-waktu kita menghadapi situasi sulit. Dengan membawa EDC, diharapkan mampu mempermudah kita dalam menghadapi situasi tersebut. Jenis alat-alat EDC yang dibawa menyesuaikan dengan situasi sehari-hari yang kita hadapi.

Nanti akan kita bahas lebih jauh mengenai EDC, untuk itu jangan lupa bookmarks indosurvival.com yah sob!
...

Kalian bisa baca-baca puluhan ebook tentang survival dan dunia petualangan luar ruang yang sudah kami kumpulkan disini.

Agar selalu update info terbaru: Follow instagram @indosurvival & Like Fanpage Facebook Indosurvival


Apa Itu EDC (Everyday Carry) dalam Survival? Apa Itu EDC (Everyday Carry) dalam Survival? Reviewed by abesagara on Desember 25, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar