Cara Agar Selamat Dari Kecelakaan Pesawat


Saat melihat berita soal terjadinya kecelakaan pesawat pasti kita langsung merinding, membayangkan bagaimana kalau saat itu kita berada disana, menjadi penumpang didalam pesawat yang sedang celaka itu. bagaimana cara agar selamat dari kecelakaan pesawat itu?


Mungkin yang bisa kita bayangkan hanyalah pasrah menerima keadaan karena kemungkinan kita selamat dari kecelakaan pesawat hampir tidak ada, dengan catatan jika pesawat tersebut tidak sempat mendarat darurat seperti misalnya, meledak di angkasa (tragedi pesawat MH17), menabrak gunung (tragedi Sukhoi Superjet 100 yang menabrak Gunung Salak), Menukik tajam dan menghantam permukaan (Tragedi Lion Air JT610).


Namun demikian , rasio terjadinya kecelakaan pesawat sangatlah kecil jika dibandingkan ribuan penerbangan yang dilakukan dalam setiap harinya. Justru masih jauh lebih besar rasio terjadinya kecelakaan lalu lintas.


Data dari ICAO (International Civil Aviation Organization) di atas menunjukan bahwa kecelakaan pesawat paling banyak terjadi saat pesawat berada di landasan pacu baik Runway safety maupun Ground safety

Mungkin skenario terbaik yang bisa kita harapkan adalah, pesawat yang celaka tersebut mampu mendarat darurat baik di laut maupun di darat sehingga instruksi dari pramugari yang sering kita lihat sebelum pesawat lepas landas akan bisa kita terapkan pada keadaan tersebut karena instruksi itu hanya berlaku jika pesawat 'berhasil' mendarat darurat. 



Tetapi kalian tenang saja, pesawat dirancang sedemikian rupa untuk melindungi penumpangnya jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan (Kecuali kecelakaan fatal seperti yang sudah disebutkan di atas).

Badan pesawat yang berbentuk silinder baja tersebut dibuat sedemikian rupa agar saat terjatuh atau mendarat darurat dapat dengan maksimal melindungi orang-orang yang berada di dalamnya.


Walaupun saat terbang tiba-tiba mesin pesawat rusak / mati, pesawat masih tetap dapat terbang gliding / meluncur karena desainnya yang aero dinamis sehingga dapat mendarat darurat.

So, mungkin tips kali ini tidak menjamin kamu 100% dapat selamat dari kecelakaan pesawat, namun setidaknya dengan tips ini, kemungkinan bertahan hidup kalian akan meningkat jika sewaktu-waktu pesawat mengalami kecelakaan dan harus mendarat darurat. 


Cara Agar Selamat Dari Kecelakaan Pesawat


Menghindari faktor-faktor terjadinya kecelakaan pesawat:


1. Pilih penerbangan langsung, jangan pilih yang transit


Banyak kecelakaan pesawat terjadi saat takeoff maupun landing, jadi sebisa mungkin hindari penerbangan transit, karena itu artinya kamu harus takeoff-landing berkali-kali.


2. Ketahui cuaca di jalur penerbanganmu


Sebelum memilih hari keberangkatan, cek terlebih dahulu kondisi cuaca sepanjang jalur penerbangan terutama cuaca pada daerah tujuan. Tunda keberangkatan jika cuacanya buruk. Kalian bisa menggunakan applikasi cuaca seperti Avia Weather, atau Windsock.


3. Pakai pakaian yang nyaman dan terbuat dari serat alami / katun


Kecelakaan pesawat umumnya melibatkan api. Pakaian yang terbuat dari nilon ataupun poliester sangat mudah meleleh bahkan pada suhu rendah. Lelehan dari pakaian berbahan poliester ini akan memperkecil kemungkinan bertahan hidup kamu. Juga gunakan alas kaki yang nyaman dengan sol yang kuat karena pada saat kecelakaan kita mungkin akan berjalan diatas serpihan-serpihan tajam.


4. Pilih tempat duduk di bagian belakang dan berada di sisi lorong.


Duduk di dekat jendela memang menyenangkan bisa melihat pemandangan di luar, namun duduk disebelah jalur / lorong justru membuatmu bisa mengakses emergency exit dengan cepat, kecuali jika kamu duduk di sebelah pintu darurat. Selain itu pilihlah tempat duduk pada bagian tengah ke belakang, karena menurut penelitian dari discovery channel, pada saat pesawat mendarat darurat, bagian depan pesawat justru yang paling rawan hancur. Seperti yang dapat dilihat dari video di bawah ini.




5. Jangan salah fokus ke wajah cantik pramugari, dengarkan mereka!

Kebanyakan korban selamat dari kecelakaan pesawat saat diwawancara mengatakan mereka mendengarkan petunjuk keselamatan dari pramugari dan memperhatikan dimana letak pintu darurat. Sehingga saat terjadi hal buruk, kita sudah tahu apa yang harus dilakukan.


6. Hitunglah berapa jarak kursi antara kursi yang kamu duduki dengan pintu keluar darurat


Untuk mengantisipasi tebalnya asap saat terjadi kecelakaan yang membuatmu tidak bisa melihat apapun sehingga kamu bisa menggunakan hitungan kursi tadi untuk bergegas menuju pintu darurat dan keluar menyelamatkan diri. 


7. Latihan membuka sabuk pengaman


Pada keadaan darurat, karena panik, kita justru sering melakukan kesalahan, bahkan kesalahan ang sangat simple seperti membuka sabuk pengaman, alih-alih menariknya, kadang orang panik justru menekan bagian tengahnya. 


Mempersiapkan diri saat terjadi kecelakaan:



1. Berdoa!


2. Pastikan kursimu tegak lurus dan sabuk pengaman terpasang dengan sempurna. 


3. Merunduk dengan tangan menyilang pada kaki atau menutupi kepala. 


4. Jika membawa bantal travel, taruh bantal pada paha dan gunakan sebagai alas kepala saat merunduk.


5. Jika mendarat di air, renggangkan pakaianmu agar tidak menyulitkanmu saat berenang. Bersiaplah untuk dua hantaman. Hantaman pertama saat pesawat mendarat di air, hantaman kedua adalah saat hidung pesawat kembali menghantam air.


6. Tetap tenang dan jangan panik. 
Kebanyakan korban selamat dapat keluar dari pesawat baik dengan kekuatannya sendiri ataupun dibantu oleh korban lain,. Tim penyelamat kemungkinan tidak akan masuk ke dalam pesawat untuk menyelamatkanmu, jadi tetaplah tenang dan jangan panik.

7. Jangan bawa barang apapun denganmu. Jangan coba-coba mengambil barangmu yang ada di bagasi, lupakan saja, nyawamu jauh lebih penting. 

8. Berjalanlah merunduk rendah dan menghadap ke bawah jika pesawat terbakar. Berjalanlah mengikuti nyala lampu garis darurat yang ada pada lantai menuju pintu keluar.


Demikianlah cara agar selamat dari kecelakaan pesawat. Walaupun cara diatas tidak sepenuhnya dapat menyelamatkan kita dari kecelakaan pesawat, setidaknya kita berusaha untuk memperbesar angka harapan hidup kita. Stay safe! Safety first! Have a safe flight!

...

Kalian bisa baca-baca puluhan ebook tentang survival dan dunia petualangan luar ruang yang sudah kami kumpulkan disini.


Agar selalu update info terbaru: Follow instagram @indosurvival & Like Fanpage Facebook Indosurvival

Cara Agar Selamat Dari Kecelakaan Pesawat Cara Agar Selamat Dari Kecelakaan Pesawat Reviewed by abesagara on November 18, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar