Pekerjaan Yang Cocok Untuk Pecinta Alam


Banyak dari teman-teman saya yang dulunya hobi naik gunung atau traveling sekarang jadi pensiun. Istilahnya 'gantung sepatu' atau 'gantung ransel', termasuk saya. Tetapi tidak sepenuhnya pensiun sih. kalau dulu kami bisa mendaki gunung sebulan sekali, kini mungkin kami hanya sempat mendaki gunung setahun sekali.

Bukan tanpa alasan, kami pensiun karena padatnya jadwal kerja sehingga tidak sempat meluangkan waktu untuk menekuni hobi yang dulu sempat kami banggakan itu. Dulu kami sangat bangga dengan predikat 'pecinta alam'. Kemeja PDL dan sepatu gunung selalu kami pakai kemana-mana, karena menurut kami itu keren banget, macho!

Sekarang bukan kemaja PDL dan sepatu gunung yang kami pakai sehari-hari. Melainkan kemeja kantoran, celana kain, dan sepatu pantofel. Yah, mau gimana lagi, lewat kostum inilah kami saat ini menggantungkan rezeki.


Nah, jadi, ini sebenarnya adalah nasihat dari kakak-kakak angkatan pecinta alam yang sudah gantung sepatu untuk adik-adik yang saat ini sedang bangga-bangganya memakai atribut ke-pecinta alam-an. Kalau kalian benar-benar cinta dengan alam dan petualangan. Janganlah kalian bekerja seperti kami. Pekerja kantoran yang tiap hari cuma melihat dinding beton saja. Mumpung masih muda, jika kalian serius, sebenarnya banyak jalur karir yang memang berhubungan dengan alam. 

Untuk itu, sebelum menentukan karir apa yang cocok untuk kalian pilih. Coba pertimbangkan pekerjaan yang cocok untuk pecinta alam dan pecinta petualangan berikut ini. Supaya kamu tidak menyesal dikemudian hari. Seperti kami, para pensiunan pecinta alam.

1. Tour Guide


Traveling tiap hari tapi dapet duit? Mungkin pikiran kita pasti akan langsung terbayang pekerjaan ini, yaitu jadi tour guide alias pemandu wisata. Eits, jangan salah, pemandu wisata ini jika kalian tekuni dengan serius akan mendatangkan pundi-pundi yang banyak loh. Apalagi kalau kamu sudah menjadi pemandu tingkat internasional, bayarannya dollar, sob!

Selain fee tour guide profesional yang relatif tinggi. Menjadi tour guide juga memberikan kamu keuntungan lain yang tidak dapat ditukar dengan uang, yaitu relasi. Ketika kamu menjadi tour guide, otomatis kamu akan bertemu banyak sekali orang dari berbagai daerah baik itu klien ataupun vendor. Relasi-relasi ini jika kamu dapat menjalin hubungan baik dengan mereka akan membuatmu sukses dunia akhirat!

2. Pemandu Gunung


Profesi ini hampir sama dengan tour guide. Mungkin bisa di bilang salah satu spesialisasi dari tour guide itu sendiri. Profesi pemandu gunung memang belum banyak di Indonesia. Kebanyakan hanya pemandu gunung lokal yang juga berperan sebagai porter. 

Pemandu gunung dan porter beda loh ya. kalau pemandu gunung itu harus punya keahlian dan teknik-teknik khusus pendakian berbagai macam medan gunung. Selain itu pemandu gunung juga harus memiliki wawasan yang luas dan perencanaan yang baik mengenai gunung yang akan didaki bersama kliennya nanti. 

 Kalian yang berminat menjadi pemandu gunung profesional bisa mendapatkan pelatihan dan sertifikasinya di APGI (Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia).

3. Dive Master



Selain itu, pemandu gunung, tour guide juga punya spesialisasi lainnya yang tak kalah keren yaitu 'Dive Master' alias pemandu selam. Seorang pemandu selam harus mempunyai sertifikat instruktur. Mungkin untuk menjadi master diver butuh waktu dan biaya yang tidak sedikit, namun hasilnya oke punya. 

Ada banyak sekolah selam yang bisa kamu pilih, dengan rentang harga yang juga bermacam-macam, yang pasti, sekolah tersebut harus sudah terakreditasi oleh PADI (Proffesional Association of Diving Instructor)  ataupun POSSI (Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia)

4. Ranger alias Penjaga Hutan / Polisi Hutan



Menjadi Ranger alias Polisi Hutan mungkin tidak segengsi menjadi polisi pada umumnya. Tetapi bagi seorang petualang, menjadi ranger adalah kebanggaan tersendiri. Apalagi pekerjaannya sehari-hari selalu berkaitan dengan alam dan hutan. Tempat tinggalnya juga tidak jauh-jauh dari hutan. Surga banget deh buat pecinta alam.

Polisi Hutan adalah nama sebuah jabatan fungsional Pegawai Negeri Sipil dalam lingkungan pegawai instansi kehutanan pusat maupun daerah. Polisi ini bukan merupakan bagian dari Kepolisian Negara Republik Indonesia. Polisi Kehutanan berada di bawah komando Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Karena sifat pekerjaannya dalam usaha perlindungan dan pengamanan hutan maka pejabat tertentu diberikan wewenang kepolisian khusus di bidang kehutanan dan konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.

Dalam menjalankan tugasnya Polhut dibekali dengan senjata api berbagai jenis yaitu PM1 A1, Ceska Zebrojuka (CZ.83), Molot Vepr 12 G.A.( AK Shotgun) dan lain-lain. Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Polhut dilaksanakan di Balai Diklat Kehutanan dan Sekolah Polisi Negara (SPN) di beberapa wilayah di Indonesia.

Untuk kalian yang berminat menjadi Polisi Hutan, pantengin terus info lowongan CPNS di Indonesia. Atau kalian juga bisa baca-baca seputar apa sih kegiatannya polisi hutan di web resminya disini.


5. Konservasionis



Nah kalau kalian pecinta alam namun juga suka belajar dan meneliti mungkin profesi konservasionis sangat cocok untuk kamu geluti. Tugas utama konservasionis tentunya adalah konservasi, yaitu melakukan pelestarian dan perlindungan baik flora maupun fauna. 

Kamu yang tertarik jadi konserasionis bisa bekerja di BKSDA Kementrian Lingkungan Hidup atau organisasi non pemerintah yang bergerak di bidang pelestarian alam seperti WWF, Green Peace, dll. Syaratnya? kamu harus punya disiplin ilmu yang berhubungan dengan pelestarian alam seperti bidang ilmu Biologi, Geografi, Kehutanan, dll.

Dimana info lowongannya? Tentunya untuk yang ingin bekerja di Kementrian Lingkungan Hidup ataupun BKSDA bisa pantengin lowongannya disini . Atau kalau mau bekerja di Organisasi Non Pemerintah bisa buka devjobsindo atau kerja-ngo


6. Fotografer & Videografer



Pecinta alam mana yang tidak tahu National Geographic sih? Majalah keren dengan logo bingkai berwarna kuning ini sudah banyak melahirkan fotografer-fotografer handal khususnya di dunia traveling, wildlife, dan nature. 

Kalau kamu pecinta alam dan hobi fotografi, pekerjaan yang cocok tentunya adalah terus mengasah skill fotografi dan videografimu itu. Siapa tau bisa bekerja untuk National Geographic atau media lainnya yang semacam itu. 

7. Travel Journalist




Nah ini mungkin pekerjaan idaman setiap traveler dan pecinta alam yang ada di dunia ini. jadi jurnalis travel. Udah jalan-jalan gratis, dibayar, plus tulisanmu dibaca banyak orang.

Banyak travel journalist yang memulai karirnya dari 'ngeblog' alias menulis kisajh perjalanannya sendiri pada beberap platform blog yang tersedia seperti blogger atau wordpress. Kamu juga bisa kok! yang penting rajin menulis, terus asah kemampuan menulismua, dan tentunya rajin traveling juga.

8. Tim SAR Indonesia




menjadi anggota dari Tim SAR mungkin merupakan pekerjaan yang sangat mulia. Bagaimana tidak? pekerjaannya menolong orang yang terjebak, hilang, tersesat, dll. Menjadi anggota tim SAR juga memerlukan kualifikasi khusus yang beberapa basicnya sudah kalian pelajari waktu menjadi anggota pecinta alam di sekolah. seperti ilmu navigasi, ESAR, penyelaman, dll.

Namun kamu harus lolos tes CPNS dulu untuk bisa menjadi pekerja tetap SAR Indonesia. Selain itu, kamu bisa mendaftar menjadi sukarelawan atau pekerja tidak tetap jika ada lowongan di daerahmu.

9. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)



Pekerja di BNPB juga tidak jauh dari alam karena yang harus kalian kerjakan adalah bagaiman melakukan pencegahan / mitigasi jika terjadi bencana tertentu di daerah kalian. Selain itu BNPB juga akan langsung terjun kelapangan jika terjadi bencana.

Beberapa pekerjaan yang cocok untuk pecinta alam diatas menurut saya adalah yang paling realitsis yang bisa sobat coba terjun kedalamnya.

Mungkin masih banyak beberapa pekerjaan yang berhubungan dengan alam dan belum disebutkan diatas. Barangkali sobat pembaca bisa menyebutkannya di kolom komentar. So, jangan bingung! segera daftar kalau ada lowongan!
...

Kalian bisa baca-baca puluhan ebook tentang survival dan dunia petualangan luar ruang yang sudah kami kumpulkan disini.



Agar selalu update info terbaru: Follow instagram @indosurvival & Like Fanpage Facebook Indosurvival


Pekerjaan Yang Cocok Untuk Pecinta Alam Pekerjaan Yang Cocok Untuk Pecinta Alam Reviewed by abesagara on September 13, 2019 Rating: 5

2 komentar

  1. travel journalist kayaknya keren nih. Jalan2, nulis, kehidupan yang santuyy

    BalasHapus
  2. Travel journalist keren banget tuh.

    BalasHapus