Cara Membuat Perangkap Ikan Dari Botol Plastik Bekas


Sebelumnya kita telah membahas mengenai cara membuat perangkap ikan tradisional dari bambu. Sekarang kita coba bahas mengenai cara membuat perangkap ikan dari botol. Perangkap ikan dari botol ini merupakan perangkap ikan sederhana dan paling murah yang bisa kamu buat sekarang juga.


Prinsip kerja perangkap ikan dari botol plastik ini sama dengan sistem perangkap ikan lainnya yakni menggunakan prinsip lubang besar-lubang kecil. 

Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat perangkap ikan dari botol plastik ini pun sangat sederhana. Kita hanya membutuhkan botol plastik, ya, botol plastik bekas kemasan air minum. 



Namun, harap dicatat bahwa perangkap ikan dari botol plastik ini hanya untuk menangkap ikan-ikan kecil yang bisa masuk kedalam botol seperti ikan betok, sepat, impun, keting dan lainnya.

Ikan-ikan kecil ini bisa kita masak oseng sambal atau bisa digunakan sebagai umpan mancing untuk menangkap ikan yang lebih besar.


Berikut cara membuat perangkap ikan dari botol bekas:





Bahan & Peralatan:

  • 2 botol plastik bekas kemasan 1,5 / 2 liter
  • Senar/kawat atau tali pancing
  • Cutter atau pisau yang tajam
  • Lakban atau lem super
  • Roti atau remah roti atau pelet ikan (sebagai umpan)
  • Pasir, batu, kerikil

  • Cara membuat (Lebih jelasnya lihat infografik dibawah):


    Ambil salah satu botol dan potong bagian bawahnya dan buang bagian atasnya (bagian tutup) dengan menggunakan cutter atau pisau yang tajam kemudian buat lubang kecil-kecil pada badan botol tersebut agar air bisa masuk.

    Buat dua lubang kecil pada masing-masing sisi bagian yang dipotong tadi (bagian atas) dan ikatkan tali yang agak panjang melalui kedua lubang tersebut. Agar perangkap bisa dilepaskan dan dinaikkan kembali dari dalam air.


    Potong sedikit bagian atas botol kedua untuk dipasangkan dengan botol pertama.

    Pasang botol 1 & botol 2 dimana ujung tutup botol masuk kedalam badan botol pertama. Ujung bagian tutup akan berada di bagian dalam botol pertama sementara bagian yang lebar sebagai pintu masuk ikan.

    Rekatkan antara kedua potongan botol tersebut menggunakan selotip atau lem yang kuat. Atau jahit kedua botol agar lebih kuat.

    Terakhir Masukkan umpan kedalam botol dan masukkan juga pemberat (bisa kerikil, pasir, dll). Kemudian tenggelamkan perangkap ke dasar sungai atau kolam. Tunggulah beberapa lama kemudian cek kembali apakah sudah ada ikan yang terperangkap di dalam.



    NB: Pada tali untuk mengambil botol di langkah ke 3 kaitkan tali pada sesuatu di permukaan. Jika tidak ada, kalian bisa mengkaitkan atau menempelkan gabus agar tali bisa mengapung di atas air dan mempermudah kamu mengambilnya


    Nah jika kalian beruntung, maka saat kalian cek kembali perangkap tadi kalian akan mendapatkan ikan kecil-kecil ini. Mudah bukan? silahkan dicoba ya sob!


    ...

    Kalian bisa baca-baca puluhan ebook tentang survival dan dunia petualangan luar ruang yang sudah kami kumpulkan disini.


    Agar selalu update info terbaru: Follow instagram @indosurvival & Like Fanpage Facebook Indosurvival



    Cara Membuat Perangkap Ikan Dari Botol Plastik Bekas Cara Membuat Perangkap Ikan Dari Botol Plastik Bekas Reviewed by abesagara on Juli 01, 2019 Rating: 5

    1 komentar