Cara Supaya Ular Tidak Masuk Tenda

ular di dalam tenda

Alam bebas merupakan habitat asli dari ular. Tanpa disadari, ular bisa saja masuk ke dalam tenda kita disaat kita sedang tertidur pulas. Tentunya teman-teman tidak mau kan ular masuk ke dalam tenda dan membuat heboh seantero camping ground. 

Sebenarnya ular tidak akan menyerang jika tidak kita ganggu. Namun kadang kita tidak tahu kalau ternyata ular sudah masuk ke dalam tenda sehingga kita bisa saja secara tidak sengaja 'menyerangnya' dengan menindihnya, atau menyentuhnya.

Untuk itu indosurvival akan membagi tips kepada teman-teman petualang beberapa cara supaya ular tidak masuk ke dalam tenda.

1. Jangan dirikan tenda di dekat habitat ular

Sebagian besar ular hidup dan tinggal di tanah, sebagian lagi hidup dan tinggal di atas pohon atau tanaman. Walau begitu,sebagian besar spesies ular di tanah dapat memanjat pohon. Ular biasanya suka menempati pohon-pohon yang sudah tumbang atau lapuk. Jadi jauhilah tempat-tempat ini.

2. Periksa tenda

Sebelum memasang tenda, pastikan disitu tidak ada ular yang sedang bersantai-santai di tanah. Setelah tenda terpasang juga cek dahulu didalam tenda apakah ada 'penyusup' yang masuk kedalam. Sebelum meninggalkan tenda pastikan untuk menutup zipper tenda sehingga ular tidak nyasar masuk ke dalam. Sebelum kembali ke tenda, periksa bagian bawah tenda, karena biasanya ular suka berteduh di bagian bawah tenda.

3. Amankan makanan

Jagalah logistik makanan dalam keadaan tertutup rapat dalam sebuah wadah. Jangan buang sisa-sisa makanan di sekitar tenda karena bau sisa makanan akan mengunang hewan liar untuk datang ke area tenda kamu. Ular tidak tertarik pada bau makananmu, tapi ular tertarik pada bau hewan liar seperti tikus atau burung yang tertarik pada sisa-sisa makananmu. Jadi pastikan tenda kamu bersih.

4. Beri bahan kimia di sekitar tenda

Ular benci pada bau bahan kimia tertentu, dan kalian bisa memanfaatkannya agar ular tidak mendekati tendamu. Ular akan menghindari bau minyak tanah, bensin, parfum, obat pembasmi serangga, dll. Kenapa ular tidak suka bau tersebut? karena bau tersebut asing bagi ular dan mengganggu indera penciumannya sehingga ular akan menghindari area yang berbau kimia. 

Selain itu, cara yang sering dilakukan adalah dengan menabur garam di sekeliling tenda. Garam jika bersentuhan dengan kulit ular akan bereaksi merusak jaringan dari kulit ular tersebut sehingga ketika ular bersentuhan dengan gaam maka ular akan langsung ngacir kabur.

Lalu apa yang harus dilakukan jika ular sudah terlanjur masuk ke dalam tenda?

1. Tetap diam

Seerti yang sudah dibahas di atas, ular tidak akan menyerang jika tidak diserang. Jika ular sudah masuk ke dalam tenda maka diam saja dahulu, amati terlebih dahulu apakah itu ular berbisa atau bukan.

Jika ular tersebut bukanlah ular berbisa maka kamu bisa dengan segera membuangnya. Namun jika ular tersebut berbisa jangan langsung mendekatinya. Bergeraklah perlahan-lahan keluar dari tenda, atau menunggu ular tersebut keluar dari tenda.

2. Jangan menyerang jika tidak diperlukan

Kebanyakan gigitan ular berbisa dikarenakan kita duluan yang menyerang atau menjebak ular. Ular tidak akan menyerang jika tidak di serang.

Jangan coba-coba melempar ular dengan batu, karena ular bisa meloncat beberapa meter jauhnya untuk menyerangmu. 

Tanda jika ular siap menyerang adalah dia akan menegakkan kepalanya. Waspada jika ular sudah melakukan gerakan ini. 

Jika terpaksa, kalian bisa mengincar kepalanya untuk membunuh ular. 

Demikianlah cara supaya ular tidak masuk ke dalam tenda. Stay safe, stay wild!

sumber foto feature: snowys.com.au
Cara Supaya Ular Tidak Masuk Tenda Cara Supaya Ular Tidak Masuk Tenda Reviewed by abesagara on Februari 08, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar