Mengenal Dasar Arah Mata Angin


Arah merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui, begitu juga dengan cara menentukan arah. Memang sudah tersedia alat yang bernama kompas untuk mengetahui arah mata angin dengan mudah. Namun, dalam kondisi tidak ada kompas, menentukan arah mata angin akan cukup sulit, terutama jika kita tidak mengetahui atau menguasai teknik menentukan arah tanpa kompas. 

Mata angin adalah panduan yang digunakan untuk menentukan arah. Biasanya difungsikan dalam navigasi, peta dan kompas. Kita tahu bahwa terdapat empat mata angin pokok, yaitu utara, timur, selatan, dan barat. Mata angin merupakan lingkaran 360° (360 derajat) bumi dari utara ke utara lagi, yang terdiri dari empat inti utama yakni Utara, Timur, Selatan, Barat, dan di jabarkan lagi ke 16 arah yang masing-masing memiliki sudut sebesar 22,5° (22,5 derajat) sehingga menjadi seperti ini:

Arah mata angin lengkap

Utara Peta, Utara Asli dan Utara Magnetis

Untuk menentukan arah menggunakan kompas biasanya terdapat patokan arah "utara" sebagai arah utama. Maka sebaiknya pahami dulu jenis-jenis utara:

1. Utara Peta
Utara peta merupakan arah utara yang ditunjukkan dengan garis-garis tegak lurus vertikal (sumbu y). Garis ini dihasilkan dari proyeksi bujur dan lintang bumi pada peta sehingga menjadi sistem koordinat atau grid. Ini disebabkan bentuk bumi yang bulat sehingga saat dibuat datar, garis bujur yang harusnya bertmu di kutub tidak bisa terjadi. 

2. Utara Asli / Utara Sebenarnya
Utara sebenarnya merupakan kutub utara bumi yang pada peta disimbolkan dengan tanda arah panah atau bintang. Tanda tersebut mengarahkan pembaca ke arah utara sebenarnya sesuai garis lintang bumi.

3. Utara Magnetis
Utara magnetis adalah arah yang dihasilkan oleh sudut kompas dari suatu lokasi tertentu ke arah kutub utara magnetis bumi yang terletak dekat Greenland. Sudut yang dihasilkan antar utara sebenarnya dinamakan sudut deklinasi.

Baca Juga : Teknik Menentukan Arah Tanpa Kompas

Sumber gambar feature: howstuffworks.com
Mengenal Dasar Arah Mata Angin Mengenal Dasar Arah Mata Angin Reviewed by indosurvival on Januari 03, 2019 Rating: 5

1 komentar

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus