Ketahui Apa Saja Hewan Yang Dapat Dimakan Saat Survival di Hutan


Makanan merupakan salah satu prinsip yang paling akhir dalam 'The Rules of 3' saat survival, setelah mendirikan shelter dan mencari air minum. Dalam kondisi fisik dan psikologis yang baik, serta dengan meminimalisir pembakaran kalori, manusia dapat bertahan tanpa makan selama tiga minggu berturut-turut hanya dengan meminum air. 

Namun begitu, dengan tidak adanya asupan makanan, kita tidak akan punya energi untuk melakukan kegiatan survival lainnya seperti mencari pertolongan, menemukan jalan pulang, dan sebagainya. 

Saat perbekalan makan kita habis, mau tidak mau kita harus mencari makan di alam liar. Hukum rimba menyatakan 'siapa yang kuat, dialah yang menang'. Lupakan dulu soal konservasi, atau soal kasihan terhadap hewan karena ini menyangkut bagaimana kita dapat bertahan hidup sampai pertolongan tiba. 

Sebenarnya mencari makan di alam liar tidaklah terlalu sulit. Pada intinya hampir semua binatang dapat dimakan kecuali yang beracun. Namun pada prakteknya, tidak semua binatang dapat kita buru, ada beberapa binatang yang membutuhkan keahlian dan peralatan khusus berburu. Sementara dalam kondisi survival kita dihadapkan pada minimnya waktu dan peralatan. 

Jika kalian malas membaca sampai bawah, tonton saja video indosurvival ini (jangan lupa like & subscribe)


Berikut adalah hewan yang umumnya dijumpai dan dapat dijadikan makanan saat survival:

1. Serangga
Hilangkan dulu rasa jijik jika ingin bertahan hidup, apalagi rasa jijik terhadap serangga. Serangga dapat dijadikan bahan makanan saat darurat. Selain kaya protein, beberapa jenis serangga juga mempunyai rasa yang lezat ketika sudah di olah. Umumnya serangga yang sering dijadikan makanan survival adalah belalang, jangkrik, larva / ulat dari serangga tertentu, rayap, dll. 

Baca: Serangga Yang Aman Dimakan Saat Survival

2. Unggas / burung
Semua jenis burung atau unggas dapat dimakan, namun untuk memburunya cukup sulit dan memerlukan keahlian khusus. Burulah unggas yang berukuran besar seperti ayam hutan, burung puyuh hutan, dll. Namun jika menemukan burung kecil pun sudah bersyukur walaupun tidak cukup mengenyangkan. 

3. Cacing
Hanya dengan melihatnya saja mungkin kamu merasa jijik, tapi ingat, tidak ada kata jijik dalam survival. Tidak semua cacing bisa dimakan, karena cacing-cacing yang berukuran kecil adalah parasit. Cacing yang umum dimakan adalah yang berukuran besar seperti cacing tanah dan cacing sonari. Pastikan buang dulu isi perutnya sebelum dimasak. 

4. Siput dan Bekicot
Siput sudah tidak asing lagi untuk pecinta kuliner. Rasanya enak dengan dagingnya yang kenyal. Siput biasanya berkembang biak di tempat yang lembab dan teduh seperti di bawah batang kayu dan batu, tepi kolam dan sungai, serta hutan. Sebagian besar siput hidup di tanah, tetapi beberapa spesies siput tropis yang besar tinggal di atas pohon.

5. Kadal
Kadal sering kita jumpai ditanah tanah yang lembab seperti dibawah semak-semak atau di bebatuan. Jika hendak mengolahnya, buang dulu bagian kepalanya baru kemudian dibakar. 

6. Katak dan Kodok
Katak juga sudah tidak asing bagi peikmat kuliner. Jenis yang umumnya di makan adalah jenis katak hijau, katak sawah, dan kodok bangkong. Katak biasa hidup di daerah lembab yang terdapat genangan airnya. 

7. Tupai
Binatang kecil yang menggemaskan ini cukup merepotkan untuk diburu jika tidak mempunyai peralatan berburu. Tupai merupakan salah satu makanan favorit pemburu karena dagingnya yang terkenal lezat.

Baca: Cara Berburu Tupai di Hutan

8. Kelelawar
Jika menemui goa didalam hutan kalian bisa coba memasukinya untuk mencari kelelawar didalamnya. Kelelawar, utamanya kelelawar buah / codot bisa dimakan dalam kondisi survival.

9. Tikus Hutan
Berbeda dengan tikus kota, tikus hutan tidak memakan sampah sehingga dagingnya aman untuk dikonsumsi. Tikus hutan biasa hidup di lubang-lubang dalam tanah sehingga akan cukup sulit untuk memburunya tanpa pengetahuan berburu. 

10. Mamalia Besar
Semua mamalia yang berukuran besar dapat dimakan. Untuk berburu hewan besar membutuhkan kemampuan dan peralatan khusus. Jangan mencobanya jika tidak ada persiapan. Umumnya yang dijadikan buruan saat survival adalah jenis hewan besar seperti babi hutan, biawak, kancil, rusa, ular, dan sebagainya. Saya akan membahas binatang besar ini dalam segmen berburu. 

Sumber foto feature: naturlive.wordpress.com
Ketahui Apa Saja Hewan Yang Dapat Dimakan Saat Survival di Hutan Ketahui Apa Saja Hewan Yang Dapat Dimakan Saat Survival di Hutan Reviewed by indosurvival on Desember 15, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar