Cara Menggunakan Cermin Sinyal (Signaling Mirror) Dalam Keadaan Darurat


Cermin kecil yang biasanya berbentuk kotak ini sangat perlu dibawa ketika melakukan aktivitas luar ruang. Walaupun hanya sebuah cermin, dalam keadaaan darurat benda ini bisa menyelamatkan nyawa kita. 

Dengan cermin sinyal, kita bisa membuat heliograf, yaitu mengirimkan sinyal menggunakan kode Morse melalui kedipan cahaya Matahari yang dipantulkan cermin. Dalam keadaan darurat, pantulan cahaya dari signalling mirror dapat memberutahu keberadaan dan keadaan kita kepada tim penyelamat.

Berikut adalah cara bagimana menggunakan cermin sinyal heliograph:
1. Cari tempat yang agak leluasa dan tidak banyak penghalang (pepohonan, tebing, dll)
2. Pegang tepian cermin dengan jari-jari anda. Pastikan jari tidak menutupi bagian permukaan cermin supaya tidak mengganggu pantulan cahaya.
3. Arahkan cermin ke matahari. Lihat apakah cahay sudah memantul. Coba pantulkan cahaya ke objek disekitar, seperti ke tanah atau ke pohon. Jika berada di tengah laut, coba pantulkan ke badan atau lantai rakit penyelamat.
4. Sejajarkan cermin dengan mata dan intai lewat lubang bidik.
5. Dari lubang bidik akan terlihat titik / spot terang, arahkan titik tersebut ke sasaran sinyal. Misal : helikopter penyelamat / kapal penyelamat.
6. Intailah lewat lobang pengintai ke arah sasaran. Jika ada pesawat atau kapal yang terlihat, arahkan cermin sampai pesawat atau kapal terlihat di lubang intai. Walaupun tidak ada pesawat atau kapal yang terlihat secara visuall, anda dapat menyapu cakrawala secara berkala karena refleksi sinar matahari pada cermin sinyal anda akan dapat ditangkap pada jarak yang sangat jauh (kurang lebih 72 kilometer)
7. Kamu bisa membuat pantulan sinar berkedip-kedip dengan menggerak-gerakkan jari di depan cermin sehingga akan lebih mudah mencari perhatian tim penyelamat.

PERHATIAN! Sinyal cermin ini hanya boleh digunakan saat keadaan darurat. Tidak Boleh digunakan untuk main-main.

Dalam keadaan darurat dan tidak membawa signaling mirror, kamu bisa menggunakan benda lain yang bersifat cermin / memantulkan cahaya selama efek pantulannya kuat.



Cara Menggunakan Cermin Sinyal (Signaling Mirror) Dalam Keadaan Darurat Cara Menggunakan Cermin Sinyal (Signaling Mirror) Dalam Keadaan Darurat Reviewed by indosurvival on November 22, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar