5 Rekomendasi Gunung Diatas 2500 mdpl Untuk Pendaki Pemula


Kamu diajak teman naik gunung padahal belum pernah naik gunung sama sekali? gak usah khawatir. Mendaki gunung tidaklah seseram yang kamu bayangkan, yang kamu perlukan hanyalah semangat dan tekad yang kuat, ditambah dengan persiapan yang matang supaya pendakian kamu aman dan nyaman, safety first!

Masing-masing gunung punya levelnya sendiri, ibarat kalau di video game tuh ada level easy, medium, sama hard. Buat kamu yang baru naik gunung, saya kasih tips jangan langsung naik gunung yang levelnya jauh di atas kalian, kasihan kamu nanti malah baru sampai pos 1 udah minta balik lagi, hehe. 

Nih indosurvival.com sudah menyiapkan daftar 10 gunung yang paling mudah untuk didaki buat kamu para pendaki pemula, dimulai dari yang paling tinggi dulu yah.

Baca juga: 5 Gunung Kecil Untuk Pendaki Pemula

1. Gunung Lawu via Cemoro Kandang, Ketinggian 3.265 mdpl

Pemandangan dari puncak Lawu.

Gunung lawu terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, dan masing-masing punya basecamp pendakian sendiri yakni basecamp Cemoro Kandang yang ada di Tawangmangu, Jawa Tengah dan basecamp Cemoro Sewu yang ada di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Untuk pendaki pemula, disarankan menggunakan jalur pendakian Cemoro Kandang karena jalurnya cukup datar, tidak seterjal jalur pendakian Cemoro Sewu, walaupun jarak tempuhnya relatif lama. 

Selain mudah didaki, Gunung Lawu menyuguhkan pemandangan yang sangat indah karena ketika mendekati puncak kita akan disuguhi oleh sabana yang cukup luas dengan bunga-bunga endemik Lawu. Sepanjang perjalanan kita juga akan ditemani oleh segerombolan jalak Lawu yang mengharap diberi makanan oleh pendaki. Yang paling unik adalah, di Pos 5 ada warung pecel legendaris yang buka setiap hari kecuali kalo simbahnya sakit. Mantap cing!

2. Gunung Merbabu via Selo Ketinggian 3.145 mdpl

padang rumput di Gunung Merbabu.

Gunung Merbabu sangat terkenal dikalang pendaki, terutama pendaki generasi 90an karena biasanya ini adalah gunung pertama yang mereka daki, temasuk saya. Saya pertama kali mendaki gunung ya mendaki gunung Merbabu ini. Untuk pendaki pemula disarankan mendaki lewat Jalur Selo yah karena jalur ini merupakan jalur paling mudah. 

Tipe track jalur selo ini tidak begitu terjal, cukup landai dan terdapat mata air di pos 2 jadi relatif aman, tidak harus bawa air bergalon-galon. Karena bersebelahan dengan Gunung Merapi maka jika kamu sudah cukup tinggi mendaki, kamu bisa menyaksikan megahnya merapi yang terkadang menyembulkan asap dari kawahnya, eksotis abis! Selain itu, sunrise dan sunset di Merbabu juga sangat indah!

3. Gunung Gede via Cibodas, Ketinggian 2958 mdpl

Eidelweiss di Gunung Gede.

Gunung gede merupakan salah satu rekomendasi gunung untuk pendaki pemula yang terletak di Jawa Barat. Disarankan buat kawan-kawan pendaki pemula untuk lewat jalur Cibodas karena jalurnya landai dengan waktu tempuh sekitar 6 jam. 

Sepanjang perjalanan pendakian kawan-kawan akan disuguhi oleh berbagai lokasi menarik seperti air terjun Cibeureum, sumber air panas, telaga, maupun padang edelweis. Oiya, seperti yang saya sampaikan tadi, kelengkapan pendakianmu harus lengkap dan jangan ngawur karena akan ada pengecekan oleh petugas sebelum kamu mulai mendaki.

4. Gunung Papandayan via Cisurupan, ketinggian 2.665 mdpl

Hutan mati yang misterius di Gunung Papandayan.

Gunung Papandayan merupakan gunung dengan trek yang super landai (dibandingkan dengan gunung lainnya) dan pemandangan yang super menakjubkan. Perjalanan rata-rata ditempuh selama 4 jam dari basecamp sampai ke puncak. Walaupun landai, tapi jangan meremehkannya loh, tetap harus membawa perlengkapan dan perbekalan yang cukup.

Pendakianmu di Papandayan tidak akan pernah dibuat bosan karena sepanjang jalur kamu akan menjumpai beberapa kawah belerang seperti Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Setelah itu kamu juga akan melewati padang Edelweis luas yang bernama Tegal Alun, sebelum kamu akhirnya mencapai puncak dan menemukan kawah Papandayan. Di Hutan Mati kamu juga akan merasa bak berada di dunia lain karena suasananya yang cukup mistis dan misterius. 

5. Gunung Prau via Patak Banteng, Ketinggian 2.565 mdpl

Camping ground yang sangat luas, bisa menampung ratusan tenda (sumber foto abesagara.com)

Nah ini dia gunung terfavorit buat pendaki pemula terutama di kawasan Jawa Tengah, Gunung Prau, yang trletak di kawasan dataran tinggi Dieng. Gunung berketinggian 2.565 mdpl ini merupakan gunung dengan waktu pendakian singkat dan pemandangan yang hebat. Basecamp Patak Banteng sendiri sudah terletak diketinggian sekitar 2000an mdpl jadi kita cuman naik sekitar 500 m saja, tapi jalurnya lumayan terjal jadi butuh stamina yang banyak. Selain itu, suhu di dataran tinggi dieng bisa sangat dingin ketika musim kemarau, waspadai hipotermia! bawa baju hangat lebih, 

Puncak Gunung Prau merupakan sebuah padang rumput luas, dengan kenampakan pohon hanya sebatang-dua batang saja sehingga membuatnya menjadi camping ground yang menarik. Tapi hati-hati jika mendaki dalam kondisi hujan karena di puncak tidak ada tempat berlindung dari sambaran petir.

Yang paling favorit adalah, kalau kamu sudah turun gunung, kamu bisa berwisata ke obyek wisata dieng untuk melihat candi dan beragam kawah yang ada disana, jaraknya cuman 20 menit naik motor dari basecamp. 
5 Rekomendasi Gunung Diatas 2500 mdpl Untuk Pendaki Pemula 5 Rekomendasi Gunung Diatas 2500 mdpl Untuk Pendaki Pemula Reviewed by indosurvival on November 10, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar