5 Gunung Kecil Cocok Untuk Pendaki Pemula


Untuk yang baru pertama kali mendaki, lebih baik mencoba mendaki gunung-gunung kecil terlebih dahulu, jangan langsung mencoba mendaki gunung-gunung yang sudah terkenal seperti Semeru, Rinjani, Slamet dll. Yang kalian lihat di instagram itu mereka-mereka yang sudah profesional, atau sudah sering mendaki. Kalau kalian ingin seperti influencer petualangan di instagram itu lebih baik kalian berlatih dari yang kecil dulu. latihan dulu. Bawa bebean berat dipunggung dengan jalan menanjak itu tidak mudah, kawan.

Maka dari itu, saya merekomendasikan 5 gunung kecil dengan ketinggian dibawah 2500 mdpl yang cocok banget buat kawan-kawan yang baru saja akan melakukan pendakian gunung pertamanya. Dimulai dari yang paling kecil yah.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Gunung diatas 2500 mdpl Untuk Pendaki Pemula

1. Gunung Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta, Ketinggian 700 mdpl

Pagi hari di Gunung Nglanggeran (foto: abesagara.com)

Sebenarnya ini bukan gunung, hanya semacam bukit batu yang menjulang cukup tinggi dan membuat siapa saja yang lewat didekatnya berasa ingin menggapai puncak gunung batu ini. Untuk mendaki ke puncaknya hanya cukup berjalan kaki selama satu jam dengan jalur yang landai. Kalau kalian sedang berwisata di Jogja, mampir-mampirlah ke gunung ini.

Gunung ini menjadi tempat favorit untuk hiking ringan, ada beberapa spot camping namun tidak terlalu luas, hanya bisa menampung sekitar 6 tenda saja. Pemandangannya di atas gunung ini cukup bagus, mengingatkan kita pada perbuukitan di film-film laga tionghoa. 'seekor kera terpuruk, terpenjara dalam gua...'

2. Gunung Batur, Bali, Ketinggian 1.717 mdpl

Wisatawan mancanegara mencoba hiking di Gunung Batur (sumber foto dari sini)

Kalau kawan-kawan mengunjungi pulau Bali dan menyempatkan diri ke Daerah Kintamani, pasti melihat gunung ini sedang berdiri gagah, itulah Gunung Batur. Ketinggianya sih cuman 1.717 mdpl dengan jalur treking yang tidak terlalu curam namun pemandangannya bakal bikin kamu melongo loh!

Nantinya, lelah pendakian kalian pasti akan segera hilang taktala kalian disuguhi pemandangan cantiknya danau batur, sebuah danau dan kaldera terluas di dunia dengan pemandangan yang sungguh menakjubkan! i love bali!

3. Gunung Andong, Magelang, Jawa Tengah, Ketinggian 1726 mdpl

'Punuk Sapi' Gunung Andong yang memacu adrenalin (sumber foto dari hijabtraveler)

Dari Bali, kita kembali lagi daerah sekitar Yogyakarta, tepatnya di Magelang terdapat sebuah gunung kecil dekat dengan Gunung merbabu yang bernama Gunung Andong. Mendaki Gunung Andong, kamu tidak perlu khawatir akan tersesat karena jalannya ya lurus-lurus saja, naik-turun perbukitan, menyisir punggung-punggung bukit yang biasa disebut dengan 'Punuk Sapi'. sampai dipuncaknya kamu bisa menikmati keindahan alam magelang dari atas, dan menikmati mentari pagi yang bersinar keemasan.

Dari basecamp untuk sampai ke puncak Gunung Andong hanya perlu waktu 1,5 jam saja. Tapi pastikan kamu berjalan dengan hati-hati karena kamu akan melewati punggung gunung yang kanan-kirinya adalah jurang. Hati-hati!

4. Gunung Ungaran, Semarang, Jawa Tengah, Ketinggian 2050 mdpl.

Pemandangan diatas Gunung Ungaran (sumber foto dari backpackerjakarta)

Sekitar 40 km dari Kota Semarang, beridirilah Gunung Ungaran dengan segala pesonanya. Kalau kamu tanya ke pelajar / mahasiswa di Semarang, gunung apa yang pertama kali di daki pastilah sebagian besar kompak menjawab 'Gunung Ungaran'. Jalur pendakiannya cukup landai, namun mendekati puncak akan berubah menjadi cukup terjal. Kalian butuh waktu 5 jam berjalan santai untuk sampai ke puncak.

Sepanjang perjalanan pendakian kalian akan disuguhi oleh pemandangan kebun teh yang menyejukkan mata dan sedikit melepas dahaga (kalau mandangnya sambil minum). Oiya Gunung UNgaran kalau Hujan jalannya bakal jelek banget, jadi pastikan kalian kesana pas cuaca lagi terang yah.

5. Gunung Ijen, Jawa Timur, Ketinggian 2443 mdpl

Pesona indahnya Kawah Ijen (foto diambil dari sini)

Nah kali ini siapa yang tidak kenal Gunung Ijen dengan kawah fenomenal yang mengeluarkan api berwarna birunya itu. Gunung ijen menjadi salah satu spot wisata wajib bagi turis mancanegara. Jadi kalau kamu mendaki Gunung Ijen, jangan lupa menyapa mas/mba bule yang lagi disana yah, siapa tau pulang ndaki malah bawa pacar bule, kan keren. 

Pendakian sampai ke puncak hanya memakan waktu sekitar 2,5 jam lewat pos pendakian Paltuding. Kondisi medan cukup menantang, dibeberapa bagian ada yang curam dan berpasir. Tapi tenang saja, lelahmu terbayarkan oleh senyuman bapak-bapak penambang belerang yang wira-wiri di jalur pendakian dan juga pesona api birunya yang sangat menakjubkan!
5 Gunung Kecil Cocok Untuk Pendaki Pemula 5 Gunung Kecil Cocok Untuk Pendaki Pemula Reviewed by indosurvival on November 10, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar