Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mendaki Gunung



Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mendaki Gunung – Mendaki gunung merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Bahkan sebagian orang menjadikan kegiatan mendaki gunung sebagai hobi. Di sisi lain mendaki gunung juga di anggap sebagai kegiatan yang cukup ekstrim. Sebab, pegunungan memiliki medan terjal yang tidak mudah dilalui. Ditambah lagi cuacanya yang kadang tidak bisa di tebak, dan kalua beruntung, kamu bahkan bisa bertemu dengan binatang buas.

Akan tetapi, setiap keadaan yang terjadi saat mendaki gunung sebenarnya tidak selalu berbahaya asalkan kita mematuhi setiap aturannya. Ada beberapa hal yang dilarang dilakukan saat mendaki gunung. Hal tersebut menyangkut keselamatan para pendaki dan juga alam di sekitarnya. Berikut beberapa larangan saat mendaki gunung.

Mengandalkan Perlengkapan Teman

Bawa alatmu sendiri, jangan mengandalkan teman, karena temanmu juga butuh.
Mengandalkan perlengkapan teman saat pendakian merupakan hal yang tidak boleh dilakukan saat mendaki gunung. Sebisa mungkin kamu harus membawa perlengkapan untuk diri sendiri. Sebab, hal itu bisa menyusahkan teman yang lain saat melakukan pendakian gunung.

Keadaan yang akan dilalui hampir dapat dirasakan oleh semua pendaki. Sehingga setiap peralatan yang di bawa tentunya pasti akan digunakan pada saat itu. Alat tersebut tentunya tidak selalu bisa digunakan untuk semua orang. Mendaki gunung merupakan kegiatan yang menuntut kamu harus bisa mandiri. Sehingga kamu harus mempersiapkan segalanya secara mandiri.

Membuang Sampah Sembarangan

Tolong bawa turun sampahmu kembali karena gunung bukan tempat sampah, sob!
Membuang sampah merupakan hal kecil yang masih menjadi PR besar bagi setiap orang. Banyak orang yang masih belum menyadari pentingnya membuang sampah pada tempatnya dimanapun ia berada. Tak terkecuali saat mendaki gunung. Hal yang paling tidak boleh dilakukan saat mendaki gunung karena akan merusak lingkungan.

Apalagi sampah plastik yang dibuang dimana saja. Sampah plastik akan sulit diuraikan oleh tanah. Jika dipegunungan maka tanah gunung akan rusak dan tercemar oleh sampah. Tak hanya itu, pemandangan gunung yang indah akan rusak pemandangannya oleh sampah yang dibuang di sekitarnya. Saat mendaki gunung sebaiknya bawalah kantong plastik besar atau trashbag untuk mengemas sampah. Leave nothing but footprints!

Menyepelekan Medan Pendakian
Medan yang akan dilalui seorang pendaki tidak selalu sama. Ada yang terjal dan curam, ada pula yang landai. Beberapa gunung memiliki medan yang terjal dan cukup sulit dilalui hingga menuju puncak. Disitulah tantangan dan keseruan yang akan dilalui oleh para pendaki. Namun, ada pula pendaki yang menyepelekan medan pendakian.


Padahal hal tersebut tidak boleh dilakukan saat mendaki gunung. Banyak diantaranya yang merasa memiliki fisik yang cukup kuat untuk bisa mendaki sampai ke puncak gunung. Padahal untuk mendaki gunung, fisik saja tidak cukup. Jika fisiknya kuat namun tidak mengetahui cara atau ilmu untuk melewati medan, maka akan sulit untuk melaluinya. Jadi pastikan kamu sudah paham cara melewati medan apapun di pegunungan.

Mengambil Sesuatu Dari Gunung



Saat mendaki gunung, kamu juga pantang untuk mengambil sesuatu yang ada di gunung. Misalnya ada beberapa tanaman yang tumbuh hanya di pegunungan. Karena terlihat unik dan bagus, sehingga kamu ingin memilikinya. Hal itu jangan sampai kamu lakukan karena bisa merusak ekosistem yang ada di gunung. Mengambilnya juga merupakan bukti bahwa kamu bukanlah pecinta alam!

Contohnya memetik bunga edelweis yang berada di gunung tersebut. Hal itu tidak boleh dilakukan saat mendaki gunung karena bisa merusak kelestarian bunga tersebut. Seperti diketahui bunga tersebut dilestarikan untuk membuat pemandangan menjadi lebih indah. Bunga tersebut memang bunga langka dan harus dijaga kelestariannya. Jadi saat mendaki gunung yang boleh kamu ambil hanyalah fotonya saja.

Bersikap Sembrono / Sembarangan
Pantangan lainnya ialah, jangan bersikap aneh dan macam-macam. Kamu harus menjaga sikap dan berkata kotor. Hal itu wajib kamu lakukan saat mendaki gunung. Jangan sampai bercanda berlebihan, apalagi sampai berbicara kotor. Hal ini untuk menjaga kesopanan dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.



Kamu harus bersikap normal saja dan jangan melakukan hal yang tidak boleh dilakukan saat mendaki gunung. Percaya atau tidak sudah banyak kejadian aneh karena banyak pendaki yang bersikap sembrono atau bercanda berlebihan. Jadi pastikan untuk menjaga sikap agar terjauh dari hal yang tidak diinginkan.

Istirahat Terlalu Lama
Istirahat memang diperlukan saat mendaki gunung. Akan tetapi untuk beristirahat juga perlu aturan khusus. Jangan istirahat terlalu lama saat mendaki gunung terutama saat mendaki di malam hari. Hal itu bisa membuat suhu tubuh menurun drastis sehingga akan sulit kembali stabil. Parahnya, bisa sampai terkena hipotermia.

Istirahat terlalu lama menjadi hal yang tidak boleh dilakukan saat mendaki gunung. Sebaiknya istirahat saat sudah di tempat kemping. Sehingga istirahat yang dilakukan tidak setengah-setengah. Saat siang hari pun istirahat di perjalanan jangan terlalu lama karena akan membuat tubuh semakin sulit melanjutkan perjalanan.

Itulah beberapa hal yang pantang untuk dilakukan saat mendaki gunung. Pastikan semuanya dilakukan dengan benar agar kamu sampai di puncak dengan selamat. Hal yang tidak boleh dilakukan saat mendaki gunung harus kamu patuhi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
...

Kalian bisa baca-baca puluhan ebook tentang survival dan dunia petualangan luar ruang yang sudah kami kumpulkan disini.

Agar selalu update info terbaru: Follow instagram @indosurvival & Like Fanpage Facebook Indosurvival



Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mendaki Gunung Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mendaki Gunung Reviewed by abesagara on Desember 29, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar