9 Fungsi Emergency Thermal Blanket Dalam Survival


Emergency Thermal Blanket adalah satu perlengkapan survival wajib yang harus sobat miliki. Kenapa? Karena fungsi emergency thermal blanket itu banyak sekali.


Dulu ketika pertama kali melihatnya di sebuah toko outdoor, mimin mengira thermal blanket itu untuk mebungkus makanan loh, ya, semacam aluminium foil gitu. Ya memang sih salah satu bahan utama thermal blanket adalah aluminium foil. Setelah tanya ke penjaga toko, baru tahu deh kalau itu adalah thermal blanket, alias selimut panas. Kenapa disebut selimut panas? karena selimut tipis yang terbuat dari lembaran plastik tak berpori dan berlapis aluminium foil ini mampu memerangkap panas seseorang yang berlindung didalamnya sehingga tetap hangat.

Cuman itu saja fungsinya? tidak dong! selidik punya selidik, ternyata thermal blanket punya banyak sekali fungsi dan manfaat sob! berikut adalah 10 fungsi dan manfaat emergency thermal blanket yang wajib kalian ketahui.

1. Penahan Suhu Dingin


Bahan thermal blanket merupakan isolator yang bagus. Hal ini membuatnya mampu membentengi tubuh, sleeping bag maupun perlengkapan lainnya dari suhu dingin. Selain sebagai selimut, kita juga bisa memotong-motongnya menjadi bagian-bagian yang lebih kecil yang dapat kita gunakan untuk membungkus peralatan lain seperti sepatu, baju, makanan, dll agar tetap hangat. 

2. Cermin Sinyal


Sudah baca artikel 'macam-macam sinyal SOS darurat belum' ? kalau belum buruan dibaca gih. Salah satu macam sinyal SOS darurat adalah 'cermin sinyal' atau signaling mirror. Metode sinyal SOS ini adalah dengan memanfaatkan cahaya matahari yang dipantulkan dengan bantuan permukaan cermin sehingga dari kejauhan saat kita menggunakan cermin sinyal maka lokasi kita berada akan terlihat kerlap-kerlip. Nah, bahan termal blanket yang reflektif alias dapat memantulkan cahaya dapat kalian gunakan sebagai cermin sinyal.

3. Mengeringkan Baju


Jangan pernah menggunakan pakaian basah, baik basah karena hujan maupun keringat (biasanya sih keringat) ketika kalian berada di gunung ataupun hutan. Kenapa? Karena pakaian yang basah merupakan salah satu faktor penyebab hipotermia. Jadi pastikan ketika pakaianmu basah dan kamu berdiam cukup lama, gantilah bajumu dengan yang kering.

Jika sobat membawa thermal blanket, maka gunakanlah thermal blanket untuk mengeringkan pakaian. sobat bisa menaruh pakaian di atas thermal blanket dan tempatkan di bawah sinar matahari. Cobalah sekreatif mungkin untuk bisa memantulkan sinar matahari yang akan kita fungsikan sebagai alat untuk 'memanggang' baju basah kita.

4. Pertolongan Pertama


Selain sebagai alat pertolongan pertama pada hipotermia. Thermal blanket juga dapat digunakan sebagai perban, kompres, ataupun sling darurat. Sobat bisa memotong thermal blanket dan menggunakannya sebagai tali untuk mengikat tongkat / ranting pohon sebagai penopang bagian tubuh yang patah / terkilir. Dalam situasi yang ekstrim, sobat bisa menggunakan thermal blanket sebagai pengikat ketika melakukan tourniquet.

5. Mengumpulkan Air



Thermal Blanket mempunyai fungsi yang juga hampir sama dengan fungsi poncho / mantel kelelawar. Bahannya sama-sama kedap air sehingga dalam keadaan darurat dapat kita gunakan untuk mengumpulkan dan mencari air. Bisa dengan menampung air hujan ataupun digunakan untuk teknik kondensasi.


Baca juga: Teknik Perangkap Air Dalam Survival

Jika ingin menangkap embun di pagi hari menggunakan thermal blanket, sobat bisa menggunakan metode seperti dalam artikel berikut: 



6. Sebagai Tali

Seperti yang sudah disinggung pada nomor empat di atas, bahan thermal blanket yang tipis namun kuat ini menjadikannya cocok digunakan sebagai tali darurat. Sobat bisa memotong dan mengepang / lilit spiral hingga membentuk tali yang kuat. Tali darurat ini nantinya dapat sobat gunakan untuk bermacam-macam keperluan, tetapi jangan digunakan untuk climbing ya.

7. Menghangatkan Tenda

Suhu leleh thermal blanket ini cukup tinggi sehingga bisa kita manfaatkan sebagai penghangat tenda. Caranya? Sobat bisa menaruhnya dekat dengan api unggun. Thermal blanket kemudian akan menyerap dan meyimpan panas dari api unggun tersebut sehingga ketika mau tidur, sobat bisa menaruh thermal blanket yang sudah dihangatkan tadi kedalam suhu didalam tenda menjadi hangat dan tidur lebih nyenyak. 

8. Membuat shelter



Hampir sama juga dengan teknik membuat tenda menggunakan poncho. Emergency thermal blanket juga dapat kita manfaatkan sebagai tenda darurat dengan tipe lean-to. Sifatnya yang anti air dapat melindungi ketika hujan, dan permukaannya yang reflektif dapat melindungi kepala kita dari teriknya sinar matahari. 

9. Memasak

Thermal blanket mempunyai fungsi yang sama dengan aluminium foil sehingga kita bisa memotong-motongnya dan digunakan sebagai sarana untuk memasak. 


...

Kalian bisa baca-baca puluhan ebook tentang survival dan dunia petualangan luar ruang yang sudah kami kumpulkan disini.




Agar selalu update info terbaru: Follow instagram @indosurvival & Like Fanpage Facebook Indosurvival


9 Fungsi Emergency Thermal Blanket Dalam Survival 9 Fungsi Emergency Thermal Blanket Dalam Survival Reviewed by abesagara on November 12, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar