5 Tempat Camping di Yogyakarta Untuk Menghabiskan Akhir Pekan


Penggiat alam di Yogyakarta memang jumlahnya cukup banyak dan biasanya mereka punya spot camping sendiri untuk menghabiskan akhir pekan. Untuk itu saya coba kumpulkan beberapa tempat camping di Yogyakarta yang murah meriah, dekat, terjangkau, dan bisa untuk latihan survival.


Tentunya untuk melatih skill survival tidak cukup hanya dilakukan di rumah saja. Kita harus keluar ruangan dan berlatih di tengah-tengah alam liar. Nah daripada cuman camping, kan lebih baik kalian juga mempraktekkan ilmu yang sudah kalian baca di indosurvival.com.


Berikut adalah tempat camping di Yogyakarta yang murah meriah dan menurut kami juga pas untuk melatih kemampuan survival dan tentunya juga bushcraft.


1. Camping di Waduk Sermo




Selain indah, Waduk Sermo merupakan tempat camping di Yogyakarta yang pas untuk melatih kemampuan survival dan bushcraft karena tersedianya hutan alami dan juga sumber air yang berupa sebuah waduk tepat didepan kita mendirikan tenda. Tempatnya cukup luas untuk menampung beberapa tenda sekaligus.


Dan yang lebih asik lagi dari camping di Waduk Sermo ini adalah, kalian bisa camping sambil mancing!


Tempat camping Waduk Sermo berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, sekitar 40 Km dari pusat kota Yogyakarta dan berada di dataran tinggi sehingga udaranya cukup sejuk. Biasanya pada akhir pekan tempat ini akan banyak dikunjungi oleh para pemburu tempat camping di Yogyakarta.


2. Camping di Hutan Wanagama




Untuk sekalian berlatih jungle survival, kalian bisa camping di Hutan Wanagama. Hutan Wanagama dominan ditumbuhi oleh pohon jati dan pohon pinus. Terdapat 40 jenis fauna dan 1000 lebih jenis flora yang ada di hutan ini sehingga menjadi salah satu tempat camping di Yogyakarta yang cocok untuk latihan survival.


Selain tempat camping, pengelola Hutan Wanagama juga menyediakan sarana lain seperti outbond dan trek hiking.  Hutan Wanagama terletak di Desa Banaran, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul sekitar 35 Km dari pusat kota Yogyakarta.


3. Camping di Bukit Klangon




Bukit Klangon yang terletak di Desa Glagaharji, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta ini menawarkan pemandangan yang sangat indah, yakni Gunung Merapi yang terlihat megah dari sisi  sebelah selatan.


Hutan di sekitar Bukit Klangon juga dapat dijadikan sumber belajar ilmu survival. Suhu di sini cukup dingin, sehingga cocok sekali untuk membuat api unggun sembari bercanda tawa bersama kawan-kawan.


Buat sobat yang hobi bersepeda gunung, tempat camping di Yogyakarta ini bisa menjadi salah satu lokasi yang layak dicoba. Hal ini dikarenakan di Bukit Klangon terdapat berbagai macam trek berkelok yang mampu menguji adrenalin.Butuh porter sepeda? warga sekitar siap membantumu.



4. Camping di Gunung Nglanggeran




Sejak dibukanya Gunung Nglanggeran untuk umum, tempat ini menjadi tempat camping favorit di Yogyakarta versi petualang lokal. Nglanggeran bukan gunung, melainkan hanya sebuah bukit batu tapi menawarkan pemandangan yang eksotis.


Dikelilingi oleh hutan yang masih alami dengan tinggi puncaknya hanya 700 mdpl, Gunung nglanggeran patut dicoba sebagai tempat camping untuk melatih kemampuan survival dan bushcraft sobat petualang. 


Gunung Nglanggeran berada di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk. Untuk sampai di lokasi membutuhkan waktu sekitar satu jam dari Kota Yogyakarta. Sementara dari basecamp sampai puncak membutuhkan waktu kurang dari satu jam.


5. Camping di Puncak Kosakora




Kosakora merupakan tempat camping di Yogyakarta yang berada di atas puncak bukit dengan pemandangan menghadap ke arah laut. Dari Puncak Kosakora kita bisa melihat pemandangan perbukitan, pemandangan pantai, sunrise dan sunset diatas Puncak Kosakora.


Untuk menuju kawasan ini, pertama kita harus menuju Pantai Drini kemudian melewati jalan menanjak bukit lalu menyelusuri turunan dan menjumpai padang sabana. Di padang sabana ini kalian juga bisa mendirikan camp. 


Sesampainya di puncak, kamu bisa berkemah namun disarankan tidak membuat api unggun karena akan merusak rumput di sekitar Puncak Kosakora.


Nah, demikian rekomendasi 5 tempat camping di Yogyakarta yang bisa kalian kunjungi di akhir pekan untuk sekedar melepaskan penat dari kejamnya dunia kerja dan perkuliahan.


Salam Survival!

...

Kalian bisa baca-baca puluhan ebook tentang survival dan dunia petualangan luar ruang yang sudah kami kumpulkan disini.


Agar selalu update info terbaru: Follow instagram @indosurvival & Like Fanpage Facebook Indosurvival



5 Tempat Camping di Yogyakarta Untuk Menghabiskan Akhir Pekan 5 Tempat Camping di Yogyakarta Untuk Menghabiskan Akhir Pekan Reviewed by indosurvival on Juli 07, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar