Perbedaan Pisau Bushcraft Dengan Pisau Survival


Sebelumnya kita sudah membahas perbedaan antara kegiatan survival dengan bushcraft. Sekarang, kita akan coba membahas perbedaan mendasar dari peralatan yang paling vital diantara kedua kegiatan diatas yaitu perbedaan antara pisau survival dan pisau bushcraft.

Pisau Bushcraft dan pisau Survival dalam hal penampilan dan kegunaan, keduanya memang hampir sama. Tetapi, ada kegiatan tertentu dimana masing-masing pisau ini punya keunggulannya sendiri yang terbukti lebih unggul. 


Contohnya, beberapa orang mungkin akan mengatakan kalau pisau Bushcraft lebih ideal untuk kegiatan alam bebas pada umumnya sedangkan pisau Survival lebih 'pantas' digunakan dalam keadaan emergency'.


Agar mudah dipahami, akan saya jabarkan satu persatu keunggulan dan kelemahan masing-masing pisau dalam berbagai situasi.




1. Pisau survival, dalam kegiatan luar ruang kebanyakan digunakan untuk memotong tali, mengukir kayu, memotong cabang / badan pohon, menggali, dan menguliti hewan buruan. Daya tahan, kehandalan, dan fleksibilitas dari pisau survival membuatnya sangat cocok untuk berbagai kegiatan di alam bebas. 


Pisau survival adalah pisau yang sangat praktis karena bisa digunakan untuk menggantikan fungsi peralatan lainnya.


2. Salah satu fungsi dari pisau survival adalah untuk melakukan batoning karena hasilnya akan lebih maksimal dibanding menggunakan pisau bushcraft.


Batoning itu adalah memukul punggung pisau menggunakan palu atau benda keras lainnya, biasanya digunakan untuk memotong cabang-cabang pohon yang cukup besar. 


3. Dalam hal bilahnya, mata pisau bushcraft biasanya memiliki panjang sekitar 4 inch atau 10 cm. Kalau kamu punya tangan yang besar mungkin kamu butuh bilah pisau yang lebih panjang. Tetapi tidak direkomendasikan untuk panjang mata pisau melebihi 5 inch atau 13 cm.


Pisau yang berkualitas bagus adalah pisau jenis full tang ataupun hidden tang. Maksud full tang adalah bagian pisau dari ujung mata pisau sampai ujung gagangnya terdiri dari satu logam yang utuh. Hidden tang sama dengan full tang hanya saja besinya menyempit saat masuk kedalam gagang.


4. Bentuk bilah pada pisau bushcraft cenderung melengkung, sedangkan pisau survival lebih tegak lurus. Bentuk bilah ini mempengaruhi daya potong dari masing-masing pisau.

5. Pisau survival lebih mudah ditemui, kamu bisa membeli pisau survival dimana saja, sedangkan pisau bushcraft biasanya hanya dijual di dalam komunitas bushcraft.


Pisau survival juga lebih mudah digunakan dan bisa digunakan untuk keperluan apa saja. Sedangkan pisau bushcraft sangat unggul dalam hal kayu-perkayuan baik itu memotong, menseset, dll.


6. Sebenarnya kegunaan kedua pisau ini sama-sama untuk survival. Penggunaan pisau survival lebih kepada aktifitias sehari-hari dan emergency, sementara pisau bushcraft lebih unggul untuk digunakan untuk kegiatan survival dalam jangka waktu yang lama.

Jadi lebih baik mana? pisau survival atau pisau bushcraft? kalau saya pribadi, tidak ada yang lebih unggul karena keduanya memang punya fungsinya masing-masing. Pisau survival ya untuk survive, pisau bushcraft ya untuk kegiatan bushcraft. Tetapi jika dilihat dari segi kepraktisan, tentu pisau survival lebih praktis karena multifungsi.

...


Kalian bisa baca-baca puluhan ebook tentang survival dan dunia petualangan luar ruang yang sudah kami kumpulkan disini.

Agar selalu update info terbaru: Follow instagram @indosurvival & Like Fanpage Facebook Indosurvival



Perbedaan Pisau Bushcraft Dengan Pisau Survival Perbedaan Pisau Bushcraft Dengan Pisau Survival Reviewed by indosurvival on Juli 12, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar