Panduan Menyelamatkan Diri Saat Terjadi Gempa Bumi

cara Menyelamatkan Diri Saat Terjadi Gempa Bumi

Indonesia merupakan negara yang sangat rawan akan terjadinya gempa bumi. Untuk itu kita yang tinggal di negeri rawan bencana harus tahu cara menyelamatkan diri saat terjadi gempa bumi. Banyaknya korban jiwa saat terjadi gempa bumi salah satunya disebabkan karena masyarakat kurang mengetahui cara menyelamatkan diri saat terjadi gempa.


Gempa bumi terjadi ketika penyebab gempa bumi (vulkanik & tektonik) menghasilkan getaran, kemudian getaran tersebut merambat ke segala arah dan menyebabkan gelombang. Gelombang inilah yang biasa kita rasakan ketika terjadi gempa bumi.

Baca Juga: Penjelasan Kenapa Indonesia Sering Dilanda Gempa dan Tsunami




Berikut adalah cara menyelamatkan diri saat terjadi gempa bumi menurut SES (State Emergency Service) Amerika :

Jika berada di dalam ruangan saat terjadi gempa


Pastikan anda melakukan hal ini jika saat gempa terjadi anda sedang berada di dalam sebuah bangunan:

  1. Jatuhkan badan ke lantai, berlindung lah dibawah meja atau furnitur lain yang bisa melindungi anda dari jatuhan material. Berpeganglah pada kaki meja agar meja tidak berubah posisi. Jika tidak ada perlindungan, maka lindungi kepala dan wajah anda dengan tangan kemudian merangkak mendekati tepian ruangan
  2. Jauhi kaca, jendela, pintu,  tembok, dan apapun yang dapat roboh atau terjatuh, seperti lampu, lemari, dll.
  3. Tetaplah berada di kasur jika pada saat terjadi gempa anda sedang berada disitu. Lindungi kepala anda dengan bantal, kecuali jika terdapat benda-benda yang mudah jatuh, maka segeralah menyingkir.
  4. Jangan gunakan pintu kecuali jika pintu tersebut konstruksinya kuat dan dekat dengan posisi anda saat itu. Kebanyakan pintu yang ada di dalam menggunakan konstruksi yang ringan dan mudah roboh ketika terjadi gempa bumi.
  5. Tetaplah berada di dalam ruangan sampai goncangannya berhenti dan aman untuk keluar. Jangan keluar saat masih tejadi goncangan. Menurut penelitian, korban gempa bumi baik ringan maupun berat terjadi saat mereka berusaha berpindah ruangan atau berusaha keluar dari bangunan.
  6. JANGAN gunakan elevator.
  7. Waspadalah, saat terjadi gempa biasanya listrik akan padam, atau alarm kebakaran akan menyala.
Jika berada di luar ruangan saat terjadi gempa

Pastikan anda melakukan hal ini jika saat terjadi gempa anda sedang berada di luar:

  1. Tetaplah berada di tempat anda berada.
  2. Jauhi bangunan, tiang lampu, dan kabel-kabel listrik
  3. Tetap berada di area terbuka sampai gempa berhenti. Jangan mendekati bangunan sampai anda yakin gempa sudah benar-benar berhenti karena bahaya yang paling besar ada pada bagian luar bangunan yang mudah roboh.
Jika sedang menggunakan kendaraan saat gempa terjadi

Pastikan anda melakukan hal ini jika saat terjadi gempa anda sedang berada didalam kendaraan yang sedang melaju:
  1. Berhentilah secepatnya dan tetap berada didalam kendaraan. Hindari berhenti dekat atau dibawah sebuah bangunan, pohon, jalan layang, dan kabel listrik.
  2. Mulai melaju secara hati-hati saat gempa bumi sudah berhenti. Tetap hindari jalan, jembatan, atau lainnya yang kemungkinan rusak akibat gempa bumi.
Jika terjebak dibawah reruntuhan

Pastikan anda melakukan hal ini jika anda terjebak dibawah reruntuhan (dalam posisi tidak terhimpit) sebuah bangunan saat gempa bumi terjadi:
  1. Jangan menyalakan korek api baik untuk penerangan atau apapun itu
  2. Jangan bergerak terlalu banyak, memindahkan reruntuhan, barang-barang ataupun sekedar membersihkan debu.
  3. Tutup mulut dan hidung anda dengan kain karena di dalam reruntuhan akan tertimbun debu dengan jumlah yang cukup banyak untuk mampu menyumbat pernafasan anda.
  4. Ketuk pipa (jika ada) atau dinding atau apapun yang dapat menimbulkan bunyi ketika diketuk untuk memberitahu posisi anda kepada regu penyelamat. Hanya berteriak jika sangat diperlukan, atau jika di posisi anda tidak terlalu banyak debu terakumulasi.
  5. Jika telepon genggam anda masih berfungsi, segera telepon kerabat anda untuk memberitahu situasi anda kepada regu penyelamat.

cara Menyelamatkan Diri Saat Terjadi Gempa Bumi

Panduan menyelamatkan diri saat terjadi gempa bumi wajib anda ketahui jika suatu saat ditempat anda berada terjadi gempa bumi sehingga anda dapat melakukan tindakan penyelamatan yang tepat karena telah mengetahui cara-cara melindungi diri sendiri dan keluarga saat terjadi gempa bumi. 

...

Kalian bisa baca-baca puluhan ebook tentang survival dan dunia petualangan luar ruang yang sudah kami kumpulkan disini.



Agar selalu update info terbaru: Follow instagram @indosurvival & Like Fanpage Facebook Indosurvival


Sumber: https://www.ses.vic.gov.au/get-ready/quakesafe/what-to-do-in-an-earthquake

Panduan Menyelamatkan Diri Saat Terjadi Gempa Bumi Panduan Menyelamatkan Diri Saat Terjadi Gempa Bumi Reviewed by indosurvival on Juli 09, 2019 Rating: 5

2 komentar

  1. Wah, orang Padang mesti baca semua nih

    (I'm not saying that Padang is a city with regular earthquake, but.. I mean, that's what I'm saying wkwk)

    BalasHapus