Identifikasi Ciri-Ciri Tanaman Beracun


Ketahui ciri-ciri tanaman beracun sebelum kamu mengkonsumsinya. Di alam liar, terkadang, kondisi darurat membuat kita harus mencari makanan survival dari tanaman yang tumbuh di alam liar. Sebagian tanamanan liar tersebut mengenyangkan, namun sebagian lainnya mematikan. 


Baca Juga: Granola Bar, Makanan Survival Yang Bisa Dibuat Dirumah

Kebanyakan tanaman beracun itu mempunyai bentuk yang indah dan sedap dipandang mata. Maka dari itu tak heran ada beberapa tanaman beracun yang justru dijadikan tanaman hias di rumah.



Ciri-Ciri Umum Tanaman Beracun


Untuk mengidentifikasi apakah tanaman beracun atau tidak, ada tiga ciri-ciri umum tanaman beracun yang perlu kita ketahui:


1. Warna Mencolok



Bunga Jepun atau bunga oleander, indah namun beracun.
Warna mencolok pada beberapa hewan dan serangga merupakan tanda bahwa mereka beracun. Begitu juga dengan tanaman. Kebanyakan tanaman dengan warna daun atau bunga yang mencolok, berwarna-warni, dan kontras, merupakan tanaman beracun.

Jamur beracun juga mempunya warna-warni yang mencolok. Hewan biasanya akan menghindari memakan tanaman yang berwarna mencolok ini. Indah namun mematikan.


2. Bau Menyengat



Hindari tanaman berbau tidak enak yang menyengat (foto: wattersgardencenter.com)
Kebanyakan tanaman beracun memiliki aroma atau bau yang tidak enak, kuat dan menyengat. Tanaman dengan kadar racun yang cukup tinggi, ketika menghirup aromanya dapat membuat kita membuat pusing, mual-mual, hingga tidak enak badan.

Untuk itu, identifikasilah dengan mencium baunya. Jika tanaman tersebut mengeluarkan bau menyengat yang tidak enak maka segera hindari tanaman tersebut.


3. Tidak Dimakan Hewan



Tanaman yang juga dimakan oleh hewan umumnya aman untuk dikonsumsi. (Foto: gardendesign.com)
Setiap hewan ataupun serangga punya naluri untuk melindungi diri, termasuk dalam mengenali ciri-ciri tanaman beracun.

Apabila hewan mendekati dan memakan tanaman tersebut, maka kemungkinan besar tanaman tersebut tidak beracun dan aman untuk dikonsumsi.


Peringatan: Tidak semua hewan menghindari tanaman beracun, karena tidak semua hewan punya insting yang kuat dan ada beberapa hewan yang memang tahan terhadap tanaman beracun tertentu. Ada beberapa hewan yang memakan tanaman beracun, dan kemudian mati. Ada juga yang memakannya namun selamat karena tubuh mereka bisa beradaptasi dengan racun tersebut.


Karakteristik Morfologi Tanaman Beracun


Tanaman beracun mempunyai karakteristik khusus pada bagian-bagian tubuhnya. Walaupun tidak baku, namun ciri-ciri ini kebanyakan ada pada tanaman beracun.

  • Mempunyai buah / berry berwarna putih
  • Mempunyai getah berwarna putih
  • Berbau seperti kacang almond
  • Mempunyai biji, kacang atau umbi di dalam polongnya.
  • Mempunyai duri atau rambut (kecuali kaktus).
  • Rasanya pahit
  • Kepala biji dengan taji pink atau hitam.
  • Kumpulan dengan tiga daun.
  • Bunga berbentuk payung
  • Daun berkilau
Jangan berpatokan jika hewan memakannya maka tanaman itu aman. Selalu uji terlebih dahulu tanaman tersebut. Ada cara khusus untuk mengujinya yang akan saya bahas pada artikel selanjutnya. 

Belajar Kepada Ahlinya



Pelajarilah mengenai ciri-ciri tanaman beracun dari buku atau internet.
Cara yang terakhir ini memang tidak bisa kita lakukan jika sedang berada dalam kondisi survival. Namun, dengan mempelajari ciri-ciri tanaman beracun sebelumnya, kita akan lebih mampu mengidentifikasi tanaman beracun sehingga tidak salah langkah. 

Kita bisa banyak membaca buku-buku mengenai tanaman beracun dan tanaman yang layak dikonsumsi. Sehingga ketika kita turun ke alam, kita sudah berbekal pengetahuan yang cukup untuk mengambil keputusan dalam memanfaatkan tanaman liar untuk dikonsumsi.


Akhir kata, sebelum beralih ke tanaman yang tidak dikenal, cari disekelilingmu untuk melihat apakah ada yang lain yang aman dimakan seperti kelapa, daging, ikan atau hal lainnya. Jika kamu tidak bisa menemukan bahan yang bisa dimakan, maka berhati-hatilah saat mencari tanaman liar.

Salam Survival!


...

Kalian bisa baca-baca puluhan ebook tentang survival dan dunia petualangan luar ruang yang sudah kami kumpulkan disini.


Agar selalu update info terbaru: Follow instagram @indosurvival & Like Fanpage Facebook Indosurvival


Identifikasi Ciri-Ciri Tanaman Beracun Identifikasi Ciri-Ciri Tanaman Beracun Reviewed by abesagara on Juli 03, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar