Cara Membuat Lem Dari Getah Pohon Pinus


Pohon pinus memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah pada bagian getahnya. Getah pohon pinus selain dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk membuat api, pengusir serangga, dan obat maag juga dapat digunakan sebagai lem. 

Sudah kita ketahui bahwa getah pinus itu super lengket. Getah cair ini akan mengeras jika dibiarkan saja. Nah dengan memanfaatkan sifat lengket getah pinus ini kita bisa memanfaatkannya sebagai lem, tentunya harus kita olah dulu agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Mengambil getah pinus yang sudah mengeras
Lem dari getah pinus ini nantinya dapat kita manfaatkan untuk berbagai kebutuhan saat berada di alam liar. Seperti memperbaiki sol sepatu, menambal tenda, bahkan dapat kita gunakan sebagai lapisan waterproof peralatan pendakian kita.



Berikut adalah cara membuat lem dari getah pohon pinus:

Bahan:

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat lem getah pinus ini selain getah pinus, kita butuh arang (bisa menggunakan arang bekas api unggun). Untuk getah pinusnya bisa yang masih cair ataupun yang sudah mengeras. Tetapi di lapangan, lebih mudah untuk mendapatkan getah yang sudah mengeras.


Langkah Pertama: Mencairkan Getah Pinus

Setelah api menyala, jika menggunakan api unggun maka ambil beberapa arang dari api dan sisihkan supaya dingin. Masukkan getah pinus ke dalam wadah dan taruh di atas api agar mencair.


Peringatan: Berhati-hatilah saat melelehkannya karena lepasan gas dari pemanasan getah pinus dapat dengan mudah terbakar. Jika menggunakan wadah seperti di atas, siapkan penjepit / tang untuk mengangkat wadah jika getah sudah meleleh.

Langkah Kedua (Opsional): Menyaring Getah

Getah pohon pinus biasanya bercampur dengan serpihan-serpihan kayu. Agar kualitas getahnya bagus dan mulus, maka kamu bisa menyaringnya dengan saringan. Lakukan dengan cepat karena getah mudah sekali mengeras dan bisa menyumbat saringan. 


Langkah Ketiga: Haluskan Arang Menjadi Serbuk

Setelah menyaring getah cair tadi, taruh di atas api kecil atau dipinggiran api unggun agar getah tetap cair. Tetapi jika getah terlanjur mengeras, kamu bisa memanaskannya lagi untuk mencairkannya.

Ambil arang yang tadi sudah disisihkan, dan hancurkan menjadi serbuk. 


Hancurkan secara perlahan supaya debu arangnya tidak keluar kemana-mana.


Setelah serbuk arang jadi. Campurkan getah pinus dan serbuk arang dengan perbandingan 2:1 (2 getah : 1 arang). Perbandingan ini tidak baku, bereksperimenlah agar kamu menemukan formula yang tepat sesuai kebutuhan.

Kamu harus cepat saat mencampurnya karena getah pinus ini cepat sekali mengeras, apalagi ditambah serbuk arang. 


Sekarang lem dari getah pohon pinusmu sudah jadi. Silahkan di tes dengan mengelem sesuatu. Pastikan lem dalam kondisi cair saat memakainya. Jika lem mengeras kamu bisa mencairkannya kapan saja dengan cara memanaskannya diatas api.

Baca Juga: 5 Manfaat Pohon Pinus Yang Wajib Kamu Ketahui


Lem getah pohon pinus ini jika dibuat dengan benar maka hasil pengelemannya akan sangat kuat. Selain kuat, lem getah pinus cepat kering. 

Hasil pengetesan lem getah pinus, botol menempel di atas meja dengan sangat kuat.
Demikian cara membuat lem dari getah pohon pinus, semoga bermanfaat.

Salam Survival!

...

Kalian bisa baca-baca puluhan ebook tentang survival dan dunia petualangan luar ruang yang sudah kami kumpulkan disini.


Agar selalu update info terbaru: Follow instagram @indosurvival & Like Fanpage Facebook Indosurvival



Cara Membuat Lem Dari Getah Pohon Pinus Cara Membuat Lem Dari Getah Pohon Pinus Reviewed by abesagara on Juli 02, 2019 Rating: 5

2 komentar

  1. Ternyata tidak sulit ya mas,membuat lem dari getah pohon pinus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah banget mas, bisa dicoba besok kalo main ke tempat yg banyak pohon pinusnya

      Hapus