Tentang Ransum Militer alias MRE (Meal Ready to Eat)


Pernah mendengar istilah MRE? kepanjangan dari Meal Ready to Eat. Di Indonesia MRE lebih dikenal dengan istilah Ransum Tentara karena biasanya yang punya MRE ya TNI atau POLRI.


MRE merupakan makanan siap saji untuk kepentingan militer dimana saat berada di lapangan, mereka hanya punya waktu terbatas begitu juga waktu untuk mempersiapkan makanan. Sehingga tercetuslah ide untuk membuat makanan yang siap disajikan dalam waktu singkat.


Jaman penjajahan dulu MRE para tentara biasanya berupa makanan kalengan seperti sarden atau kornet. Sementara tentara jepang terkenal dengan MREnya yang berupa ramen instan (ramen instan ini sekarang berevolusi menjadi mie instan favorit kita semua).


MRE kini tidak hanya digunakan oleh militer saja, orang sipil juga ikut membutuhkannya terutama untuk mereka yang mempunyai kegiatan-kegiatan alam bebas. Selain singkat dalam penyajian, MRE juga nikmat dan banyak jenisnya.


MRE ini, standarnya mencakup lima jenis, yaitu:


1. T2-ABC alias Makanan Basah




Kemasannya terbuat dari kaleng, hampir menyerupai kaleng kornet. Beratnya 400 gram dengan banyak pilihan menu, di antaranya nasi ikan, nasi daging, hingga gudeg daging. T2 diproduksi oleh TNI dengan kelayakan dikonsumsi hingga satu tahun. Cara mengolahnya cukup mudah. Sebelum dimakan, terlebih dahulu dihangatkan. 


T2 memiliki berat bersih 400 gram dan telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001. Mampu menghasilkan kalori hingga 900 (Kegiatan normal, manusia dewasa butuh 2000 - 2500 kalori per hari). Porsinya cukup besar, bisa untuk jatah dua orang.


2. Enerkit (Energi Biskuit)




TB-1 adalah ransum berupa biskuit kering, lebih dikenal dengan nama enerkit. Satu bungkus isinya 12 keping biskuit kering. Rasanya hambar. Tapi makan pagi sebiji saja, perut sudah bisa terganjal sampai sore.


3. Enertab (Energi Tablet)




Enertab merupakan makanan padat yang hampir sama dengan enerkit hanya saja mempunyai kandungan kalori yang lebih banyak, Rasanya seperti susu di padatkan, manis dan nikmat.


4. Minsus (Minuman Susu)




Minsus ini berupa bubuk untuk minuman susu, kopi susu, jahe susu, dll. Intinya terdapat susu didalamnya. Kalorinya cukup banyak sehingga bisa membuat tentara mengantuk. Biasanya di konsumsi saat hendaki tidur.


T-2FD, Makanan kering




T-2FD (Fild Doyed) adalah ransum tempur dengan bahan yang dikeringkan sehingga pemasakan dilakukan dgn cara diseduh(suhu tinggi) dimana waktu masak ada tetapi terbatas. “Nasi bantal” istilah sebagian tentara. Kalau nasi di dalam plastik kemasan itu disiram air panas dan dibiarkan tertutup hingga 15 menit, plastiknya akan menggelembung seperti bantal bayi.


Bagaimana Cara mendapatkan Ransum TNI alias MRE?


Ransum militer kepunyaan TNI yang warnanya ijo-ijo atau kepunyaan POLRI yang warnanya coklat itu tidak diperjual belikan secara umum karena merupakan jatah makanan prajurit ketika berada di lapangan atau ketika bertugas di daerah terpencil.

Namun demikian, saya banyak melihat ransum TNI ini diperjual belikan secara umum di internet. Lantas bagaimana cara mereka mendapatkan ransum tersebut? Biasanya mereka mendapatkanya dari jatah ransum TNI yang sudah dibagikan namun tidak terpakai sehingga sering kita temukan tanggal kadaluarsanya hampir habis. 

Jika kalian punya kenalan anggota TNI atau POLRI, lobi saja mereka, biasanya tiap daerah mempunya jatahnya sendiri. Atau coba cari di toko koperasi kepunyaan TNI biasanya mereka menjualnya.

Ransum komersil yang diepruntukkan untuk masyarakat sipil dengan berbagai merek juga tersedia di beberapa toko outdoor baik offline maupun online namun biasanya harganya mahal. 

Tapi selain membeli ransum, kalian juga bisa membuat ransum sendiri yang masih satu jenis dengan Enerkit dan Enertab. Namanya granola, makanan survival alternatif MRE yang kaya kalori.
...

Kalian bisa baca-baca puluhan ebook tentang survival dan dunia petualangan luar ruang yang sudah kami kumpulkan disini.


Agar selalu update info terbaru: Follow instagram @indosurvival & Like Fanpage Facebook Indosurvival




Tentang Ransum Militer alias MRE (Meal Ready to Eat) Tentang Ransum Militer alias MRE (Meal Ready to Eat) Reviewed by abesagara on Juni 28, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar