Granola Bar, Makanan Survival Alternatif MRE


Mungkin kawan petualang masih banyak yang asing dengan makanan survival satu ini yakni Granola Bar. Granola belakangan ini menjadi trend dalam dunia petualangan karena selain awet dan ringan, granola juga punya kandungan serat yang tinggi.


Apa itu Granola?

Granola adalah makanan yang terdiri dari oat, kacang-kacangan, buah-buahan kering, dan juga bisa ditambahkan dengan minyak, madu atau pemanis lainnya. Setiap granola bisa mengandung bahan yang berbeda-beda, sehingga juga membuatnya mempunyai nilai gizi yang berbeda. Beberapa mungkin memiliki kandungan gula, lemak, kalori, atau protein yang lebih banyak, tergantung dari bahannya.


Karena bahan utamanya adalah oat dan kacang-kacangan, maka granola mengandung serat yang tinggi. Serat dalam granola ini jika diserap dalam tubuh mampu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, membantu mengontrol kadar gula darah, membantu menurunkan kadar kolesterol, dan membuat kamu kenyang lebih lama.


Kalori padat yang terkandung dalam granola  dapat membuatmu kenyang lebih lama. Karena alasan inilah maka granola menjadi makanan survival alternatif dari MRE (Meal Ready to Eat) atau Ransum Militer karena kegunaannya hampir sama seperti Enerkit mauapun Enertab, justru lebih sehat granola.

Selain itu, granola juga bisa dibuat sendiri di rumah sehingga kita tidak perlu mengeluarkan uang lebih mahal hanya untuk membeli MRE. 

Bagaimana Cara Membuat Granola Bar?


Bahan-bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat granola bar hanyalah oat, kacang-kacangan, dan buah-buahan kering. Selain dari itu kalian bisa menambahkan bahan lain sesuai dengan selera seperti coklat, kopi, susu, dll. Resep dasarnya adalah sebagai berikut (Oleh Susan Melyani):

Bahan-bahan:

2 cup oat meal
1 cup rice crispy / sereal / apapun yang renyah-renyah
1/2 cup kacang kenari/almon/mede
1 cup kacang tanah cincang
1 genggam kismis
50 g madu
60 g butter
3 sdm gula (3 sdm brown sugar 1 sdm gula pasir)
1/2 sdt vanilla ekstrak

Cara membuat granola bar:

1. Sangrai oat meal dan kacang-kacangan,kacangnya bebas mau pake kacang apa saja boleh, sangrai hingga terlihat lebih kering dan berwarna kecoklatan
  
2. Di wajan lain panaskan butter,madu,gula, didihkan hingga berbuih, tambahkan vanilla ekstrak
  
3. Siapkan loyang, alasi dengan kertas roti atau aluminium foil

4. Dalam wadah campur oat meal dan kacang-kacangan yang sudah di sangrai tadi, tambahkan rice crispy dan kismis, aduk rata, lalu tuang larutan gula tadi ke dalam wadah yg berisi oat, aduk rata hingga seluruh permukaan terlapisi larutan gula


5. Pindahkan ke loyang, lalu padatkan menggunakan punggung sendok,tekan-tekan hingga rata


6. Tunggu hingga suhu ruang lalu masukan ke kulkas, jika sudah memadat potong-potong dan siap di santap

7. NOTE: jika mau lebih kering setelah di potong-potong bisa di oven sebentar 10-15 menit biar agak mengering dan lebih tahan lama
...

Kalian bisa baca-baca puluhan ebook tentang survival dan dunia petualangan luar ruang yang sudah kami kumpulkan disini.


Agar selalu update info terbaru: Follow instagram @indosurvival & Like Fanpage Facebook Indosurvival



Granola Bar, Makanan Survival Alternatif MRE Granola Bar, Makanan Survival Alternatif MRE Reviewed by abesagara on Juni 29, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar