8 Cara Membuat Tenda Darurat Dengan Jas Hujan / Poncho


Tenda merupakan hal yang penting dalam dunia petualangan karena memberi kita perlindungan terhadap elemen-elemen cuaca seperti terik matahari dan hujan. Tenda optimal dibawa untuk ekspedisi yang memerlukan banyak waktu, alias berhari-hari. Sementara untuk ekspedisi singkat tenda hanya akan menambah beban bawaan kita dan kurang efektif.


Untuk itu terkadang yang hendak melakukan eksplorasi singkat jarang yang membawa tenda, paling mereka hanya membawa flysheet yang ringan saja. Namun tahukah kawan-kawan jikalau ternyata ponco atau jas hujan juga bisa digunakan sebagai tenda darurat?


Untuk yang baru memulai hobi berpetualang, hendaknya ingatlah hal ini. Selalu bawa jas hujan kemanapun kamu pergi. Terutama jas hujan model ponco alias model kelelawar. Karena selain mampu melindungi badan dari terpaan hujan. Jas hujan model kelelawar juga bisa kita gunakan sebagai tenda darurat yang mudah untuk dibongkar pasang sehingga mempersingkat waktu.


Penasaran? berikut cara membuat tenda darurat menggunakan jas hujan:


1. Basic Lean-To (Horizontal)


Untuk membuatnya caranya sangat mudah, tinggal kaitkan poncho dengan tali diantara dua pohon, kemudia pancangkan bagian bawahnya dengan pasak agar kuat. Shelter model ini bisa digunakan untuk tidur, berlindung dari teriknya matahari dan hujan ringan. Bahan yang dibutuhkan: Tali / paracord dan pasak / pemancang.






 2. Basic Lean-To (Vertikal)

Tipe ini sama dengan tipe nomor satu hanya saja posisi ponchonya diganti menjadi vertikal atau memanjang kebelakang. Cara membuat dan bahannya juga sama dengan yang horizontal.






3. Ridge Line Lean-To

Tenda darurat model ini melindungi pengguna dari kedua sisi sehingga cocok untuk kondisi hujan cukup deras dan angin yang agak kuat. Mampu melindungi dari sengatan matahari pada siang hari karena panasnya menerpa dari kedua sisi. Cara membuatnya sama dengan nomor 1 dan 2, hanya tinggal memposisikan ponchonya saja. Alat yang digunakan: Tali, Pasak, & Tiang opsional (bisa treking pole atau ranting panjang).




4. Flat Roof


Flat roof hampir sama dengan ridge lean-to hanya saja bagian atapnya dibuat rata. Cara membuatnya sama, hanya saja membutuhkan dua tiang / pohon untuk mengaitkan bagian atapnya agar bisa rata. Bahan yang dibutuhkan: Tali, Pasak, & Tiang opsional (bisa treking pole atau ranting panjang).





5. Ghost Man


Tenda darurat dari jas hujan model ghost man ini mampu melindungi pengunanya dari berbagai arah namun hanya muat untuk satu orang saja. Fungsi utamanya untuk melindungi / menyamarkan pengguna dari hewan liar saat berburu namun juga mampu menahan terpaan angin yang cukup kuat dan hujan yang agak deras. Tali, Pasak, & Tiang (bisa treking pole atau ranting panjang).






6. Hood Hoist


Tenda darurat ini bisa di naik turunkan sesuai kegunaannya. Namun untuk membuatnya harus mengaitkan tali ke atas ranting pohon. Jenis ini multi fungsi, saat diturunkan maka bisa melindungi penggunanya saat tidur, dan juga bisa tahan dari angin besar dan hujan lebat. 






7.  Tenda Ponco


Tenda darurat dari jas hujan model ini adalah yang biasa di gunakan karena sangat multi fungsi, seperti fungsi tenda pada umumnya yakni melindungi penggunanya dari dua sisi. Bisa digunakan untuk tidur maupun berteduh. Kelemahannya hanyalah posisinya cukup rendah, hanya bisa digunakan untuk berbaring saja. 




8. Double Ponco


Ponco ini hanya menggunakan dua ponco untuk membuatnya. Satu ponco sebagai atap, satu ponco lagi sebagai alas sehingga memberikan perlindungan maksimal. Modelnya silahkan dipilih dari ketujuh model diatas.


Nah, mudah bukan membuatnya? selain efisien, tenda darurat dari poncho atau jas hujan ini juga bisa dibentuk berbagai model sesuai kebutuhan. 

DISARANKAN hanya gunakan tenda darurat dari jas hujan ketika melakukan perjalanan pendek dan digunakan hanya untuk berteduh atau bermalam sebentar. tetap utamakan keselamatan.


...


Kalian bisa baca-baca puluhan ebook tentang survival dan dunia petualangan luar ruang yang sudah kami kumpulkan disini.


Agar selalu update info terbaru: Follow instagram @indosurvival & Like Fanpage Facebook Indosurvival


8 Cara Membuat Tenda Darurat Dengan Jas Hujan / Poncho 8 Cara Membuat Tenda Darurat Dengan Jas Hujan / Poncho Reviewed by abesagara on Juni 27, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar