Cara Membuat Perangkap Ikan (Bubu) Dari Bambu


Hai sobat indosurvival, mencari makanan saat survival di alam liar memang banyak caranya, salah satunya adalah dengan cara membuat perangkap ikan. Metode menangkap ikan dengan perangkap ini memang sudah ada dari jaman nenek moyang kita dahulu dan masih terpelihara dengan baik sampai saat ini.


Perangkap ikan memang banyak jenisnya, salah satunya adalah jenis perangkap ikan dari bambu atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama 'Bubu'. Bubu digunakan dalam survival sebagai cara mencari makan secara pasif. Artinya, cara menangkap ikan dengan bubu ini membutuhkan waktu yang relatif lama dan tidak singkat sehingga penggunaanya harus ditinggal dulu beberapa lama sembari melakukan kegiatan yang lain.


Bubu, sampai saat ini masih digunakan oleh nelayan untuk menangkap ikan. Cara kerja dari perangkap ikan ini adalah dengan membuat dua buah kurungan, yakni kurungan kecil sebagai pintu masuk utama dan kurungan besar sebagai 'penjara'-nya. Lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.



Skema cara kerja perangkap ikan 'bubu'.

Kurungan kecil mempunyai lubang masuk yang luas pada sisi luar, semakin kedalam maka lubang semakin kecil / mengerucut. Ketika ikan berhasil masuk melalui pintu utama, maka ikan akan terperangkap di dalam kurungan dan tidak bisa keluar lewat pintu masuk yang kecil tersebut.


Selain membuat perangkap ikan dari bambu, kita juga bisa membuat perangkap ikan versi hemat dari botol plastik bekas loh. Kalau penasaran, silahkan baca artikel Cara Membuat Perangkap Ikan Dari Botol Plastik Bekas.


Cara membuat perangkap ikan dari bambu alias bubu:


Bahan: 

- Batang bambu (dipotong panjang dan tipis)
- Tali

Baca juga: Akar dan Serat Tanaman Yang Bisa Digunakan Sebagai Pengganti Tali


Cara membuat bubu:


1. Siapkan Batang bambu, Bilah menjadi potongan potongan kecil sepanjang satu meter atau sesuai dengan panjang bubu ikan yang diingkan.




2. Potongan bambu tersebut di bilah kecil kecil dan di haluskan menggunakan pisau.




3. Buat dulu beberapa lingkaran dengan menggunakan potongan bambu tadi. Banyak dan besarnya lingkaran disesuaikan dengan panjang dan besar bubu yang diinginkan.




4. Rangkai Bilah Bilah bambu yang panjang mengelelingi lingkaran bambu yang sudah dibuat tadi dan di anyam menggunakan tutus bambu atau tali.




5. Bubu siap digunakan untuk menangkap ikan di sungai ataupun di laut (tergantung ukurannya).





...

Kalian bisa baca-baca puluhan ebook tentang survival dan dunia petualangan luar ruang yang sudah kami kumpulkan disini.


Agar selalu update info terbaru: Follow instagram @indosurvival & Like Fanpage Facebook Indosurvival


Cara Membuat Perangkap Ikan (Bubu) Dari Bambu Cara Membuat Perangkap Ikan (Bubu) Dari Bambu Reviewed by abesagara on Juni 29, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar