5 Manfaat Pohon Pinus Yang Perlu Kamu Ketahui


Kita dapat dengan mudah menjumpai pohon pinus terutama di dataran tinggi, ketika berada di tempat wisata, camping atau saat mendaki gunung. Tetapi tahukah kalian kalau pohon pinus ternyata mempunyai banyak manfaat yang bisa kita gunakan dalam kegiatan survival?


Biasanya saat mendaki gunung kita akan menjumpai sebuah area yang dipenuhi oleh pohon pinus. Kita sering menyebutnya sebagai hutan pinus. Nah ternyata, pinus memiliki segudang manfaat yang bisa kita gunakan secara gratis asal kita tahu bagaimana cara memanfaatkannya.


Dengan mengetahui manfaat pohon pinus, presentase kesempatan bertahan hidup kita di alam liar akan lebih tinggi. Berikut adalah 5 manfaat pohon pinus dalam survival:

1. Membuat api dengan getah pinus

Getah pinus merupakan salah satu starter api terbaik.

Pohon pinus mengandung getah. Getah tersebut akan keluar ketika kita melukai batang pohon pinus dengan benda tajam seperti pisau. Getah pinus ini biasanya berwarna merah, kental, dan mudah dilihat.

Getah pinus ini sangat mudah terbakar sehingga bisa digunakan sebagai starter api, gunakan bersama dengan bunga pinus (kerucut pinus) yang kering.

| Baca juga: Starter Api Yang Dapat Ditemukan Di Alam

Selain itu cabang pohon pinus yang sudah kita belah akan mengeluarkan banyak getah sehingga dapat kita gunakan sebagai obor. 

2. Obat herbal dari pohon pinus


Air rebusan daun pinus kaya akan Vitamin C. (gambar: IG @coachmike_id)

Sekarang ini banyak beredar produk obat-obatan herbal yang memanfaatkan pohon pinus. Banyak dijual teh daun pinus untuk kesehatan di toko-toko herbal. Berikut adalah manfaat herbal dari pohon pinus.

- Obat Maag & Rematik, Getah pinus dapat digunakan untuk mengobati maag dan rematik (reumathoid arthritis). Cara menggunakannya: adalah dengan mencampurnya dengan air atau mengunyahnya seperti permen karet.


- Obat Flu & Demam, Daun pinus memiliki kandungan vitamin A dan Vitamin C lima kali lebih banyak daripada jeruk sehingga efektif untuk mengobati flu dan demam. Cara menggunakannya: adalah dengan merebus daun pinus kemudian meminum air hasil rebusanya.


- Obat Luka & Anti Bakteri, Getah pinus mengandung antibakteri yang cukup kuat sebagai obat luka. Selain itu getah pinus juga dapat digunakan untuk membendung aliran darah. Cara menggunakannya: Gunakan getah pinus yang masih basah lalu oleskan pada luka dan biarkan mengering.


- Antiseptik, Kulit dalam batang pohon pinus yang agak lembut dan elastis dapat digunakan sebagai antiseptik. Cara menggunakannya: adalah dengan membalutkannya pada bagian yang terluka.

3. Pengusir Serangga



Getah dan daun pinus merupakan obat nyamuk alami. (gambar: theherbalacademy.com)

Serangga selain mempunyai manfaat positif sebagai makanan alternatif saat survival juga merupakan hewan parasit yang mengganggu dan mampu mengancam keselamatan. Sebut saja nyamuk, kalajengking, laba-laba, hingga kelabang. 


Untuk mengusir serangga, kita dapat membakar getah pohon pinus yang berfungsi sebagai obat nyamuk alami. Sementara itu daun pohon pinus juga mempunyai bau yang tidak disukai oleh serangga sehingga kita bisa membalurkannya ke kulit kita atau menempatkannya pada tenda agar serangga tidak mengganggu kita.


4. Lem dari getah pinus



Lem dari getah pinus yang dicampur dengan arang sehingga berwarna hitam (gambar: askaprepper.com)
Getah pinus yang lengket dapat kita manfaatkan sebagai lem alami. Setelah mengumpulkan getah cukup banyak, panaskan getah tersebut (namun jangan terlalu panas). Setelah panas, matikan api dan campurkan dengan arang agar daya lekatnya tidak terlalu kuat. Kemudian campur dengan serbuk kayu untuk mempererat lem. Jika getah mengering, maka panaskan kembali agar cair. 

Lem dari getah pinus dapat kita manfaatkan untuk memperbaiki sol sepatu, menambal wadah air atau makanan, memperbaiki tenda yang bolong atau sebagai lapisan waterproof.


5. Sumber Makanan



Kulit dalam pohon pinus dapat dimakan dan rasanya manis. (gambar: survivaltopics.com)

Kulit bagian dalam pohon pinus dapat kita manfaatkan sebagai makanan darurat. Kulit dalamnya dapat direbus, digoreng, maupun dipanggang. Rasanya sedikit manis. Kacang pinus juga bisa kita makan loh dengan cara memanggangnya terlebih dahulu.

Demikianlah, ternyata manfaat pohon pinus cukup banyak bukan? kita bisa memanfaatkan semua bagian pohon pinus. Tapi ingat, manfaatkan secukupnya dan jangan terlalu banyak memotong / mengambil kulit dalam pohon pinus agar pohon tidak mati dan dapat menyembuhkan dirinya sendiri.


Salam Survival!


...

Kalian bisa baca-baca puluhan ebook tentang survival dan dunia petualangan luar ruang yang sudah kami kumpulkan disini.


Agar selalu update info terbaru: Follow instagram @indosurvival & Like Fanpage Facebook Indosurvival



5 Manfaat Pohon Pinus Yang Perlu Kamu Ketahui 5 Manfaat Pohon Pinus Yang Perlu Kamu Ketahui Reviewed by abesagara on Juli 01, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar