10 Kegunaan Poncho Dalam Survival


Setelah mempersiapkan semua keperluan perjalanan mulai dari bekal makanan, first aid kit, dll, satu hal yang tidak boleh terlewatkan adalah, bawalah poncho alias jas hujan kelelawar. Selain dapat digunakan sebagai tenda darurat, poncho juga mempunyai berbagai kegunaan lain dalam survival  yang dapat membantumu dalam keadaan darurat.


Berikut ini adalah 10 kegunaan poncho dalam survival:

1. Sebagai Kantong. dalam keadaan darurat, kita tidak akan pernah tau kapan kita akan membutuhkan kantong ekstra untuk membawa sesuatu baik itu kayu bakar, tumbuhan yang bisa di makan, atau sesuatu yang lain yang membutuhkan kantong untuk membawanya


2. Penampung Air Hujan. Dalam survival, air adalah hal yang sangat penting. Jika berada pada tempat yang tidak ada sumber air, hal yang paling bisa kamu lakukan adalah menampung air hujan sebanyak mungkin. Untuk itu, poncho dapat berfungsi untuk menampung air hujan. bisa dengan cara menggali lubang dan menaruh poncho diatasnya atau dengan menggantungnya diantara pepohonan. 



3. Penghangat Darurat. Angin adalah musuh kita saat kita berusaha untuk tetap hangat di alam terbuka. MAterial poncho yang terbuat dari bahan kedap udara dan kedap air mampu melindungi tubuh kita dari terpaan angin yang dingin dan melindungi kita dari hipotermia.


4. Sebagai Alas. Tiduran di tanah memang tidak masalah, namun jika tanahnya basah, maka itu akan jadi masalah. Poncho bisa digunakan sebagai alas tidur ataupun duduk sehingga tubuh kamu senantiasa kering. Selain itu menggunakan alas juga melindungimu dari hewan dan serangga yang bisa sewaktu-waktu mengerayangi malam-malam indahmu.


5. Kompres Dingin. Dalam keadaan darurat saat kamu ataupun temanmu mengalami sakit seperti demam yang membutuhkan kompres dingin, kamu dapat menggunakan poncho sebagai alat kompresnya. tekuk dan lipat poncho sehingga menyerupai kompres, isikan air dingin kedalamannya dan ikat bagian yang terbuka agar kedap kemudian kompres lah temanmu yang sakit dengan kompres poncho ini.



Poncho sebagai penadah air hujan
6. Pembalut Luka Anti Air. Ketika kamu terluka karna goresan atau sayatan, selain membalutnya dengan perban dan kain kasa, kamu dapat menambahkan balutan dengan potongan poncho sehingga luka tersebut akan tetap kering.

7. Penanda Jejak. Jika kamu menggunakan poncho yang berwarna cerah. maka sebagai cara terakhir menandai jejak, kamu bisa memotong-motong poncomu itu menjadi potongan kecil-kecil dan mengikatkannya pada ranting pohon untuk membuat tanda jejak. Bahan ponco yang kuat akan membuat tanda jejak tersebut bertahan lama dan tidak mudah rusak.


8. Penutup Tenda Tambahan. Jika terdapat sisa-sisa perlengkapan yang berada di luar tenda karena tenda sudah tidak muat lagi, dan saat itu turun hujan, maka kamu dapat menggunakan poncho untuk menutupi perlengkapanmu yang berada di luar tenda.


9. Sebagai Tali. Poncho jika dibentangkan maka panjangnya bisa lebih dari 2 meter dan dapat kita gunakan sebagai alternatif pengganti tali. Poncho dapat digunakan sebagai tali untuk mengikat sesuatu yang ringan. 


10. Sebagai Kantong Sampah. Selalu bawa sampahmu kembali. Kadang kita malas membawa sampah dengan alasan tidak ada kantong untuk membawanya.  Sekarang tak ada alasan lagi, kamu bisa menggunakan poncho tersebut untuk membawa kembali sampahmu.


Banyak bukan kegunaan poncho? Disamping fungsinya sebagai jas hujan, ternyata banyak kegunaan poncho yang dapat kita manfaatkan dalam keadaan darurat supaya kita bisa tetap survive. Untuk itu, bawalah selalu poncho kemanapun kamu bertualang.



...

Kalian bisa baca-baca puluhan ebook tentang survival dan dunia petualangan luar ruang yang sudah kami kumpulkan disini.


Agar selalu update info terbaru: Follow instagram @indosurvival & Like Fanpage Facebook Indosurvival



10 Kegunaan Poncho Dalam Survival 10 Kegunaan Poncho Dalam Survival Reviewed by abesagara on Juni 28, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar