Tips Camping Untuk Pemula, Biar Tambah Fun!


Jadi, besok weekend, dan kamu bosan jalan-jalan ke mall atau nongkrong di cafe. Tiba-tiba kamu kepikiran gimana asiknya camping sama temen-temen sambil ngobrol mengelilingi api unggun dan nyanyi-nyanyi diiringi petikan gitar ala iwan fals yang syahdu. Akhirnya kamu calling temenmu dan setujulah mereka dengan ide brillianmu. Akhirnya kamu camping juga! Padahal terakhir kamu camping itu pas SD waktu acara pramuka, itu pun di halaman sekolah. Terus gimana dong? apa saja yang harus disiapkan sebelum memulai per-camping-an ini?

Nah kalau kalian mau camping tapi masih pemula, jangan khawatir, camping itu asik! Gak ada sejarahnya camping itu gak asik. Berikut adalah tips camping untuk pemula yang perlu kalian, para newbie, ketahui.

1. Cuaca Harus Cerah
Ini yang paling penting bro, camping emang gak pernah gak asik, tapi kalau lagi camping tiba-tiba hujan, bubarlah sudah harapan nyanyi lagu iwan fals disebelah api unggun. Maka dari itu pastikan cuacanya cerah pas hari 'H'. Kalau mau lebih yakin lagi, camping lah saat musim kemarau.

2. Lokasi Camping Gak Usah di Puncak Gunung
Ini maksudnya lokasinya gak usah yang bikin kamu capek untuk menjangkaunya. Mau camping saja kok harus mendaki 12 jam. Jadi carilah lokasi camping yang dekat, mudah dan pemandangannya bagus. Contohnya camping di pinggir pantai, camping di BUPER, camping di waduk/telaga,/danau, camping di bukit, dll. Pokoknya yang gak jauh dari tempat kamu parkir kendaraan.

3. Rencanakan Kegiatan Selama Camping
Biar camping jadi asik, ada baiknya kamu merencanakan dulu nanti pas di camp ground mau ngapain aja. Apakah bakal ada games, apakah cuman api unggun saja, mau masak apa nanti pas camping, dan sebagainya. Dengan merencanakan sebelumnya, kamu bakal tahu apa-apa saja yang harus dibawa ketika camping.

4. Bawa Perlengkapan Lebih!
Nah ini salah satu alasan kenapa kamu harus camping dekat tempat parkir kendaraan, karena bawaanmu harus banyak. Kita bedakan dulu antara camping dan mendaki yah. Camping tujuannya ya camping, buat have fun. Kalau mendaki tujuannya agar sampai di puncak gunung sehingga bawaan harus se efisien mungkin.



Dengan membawa perlengkapan lebih kamu bisa camping dengan nyaman, aman, dan tentram. Ingat, pemula itu jarang tidur di tanah beralaskan matras, pemula jarang makan makanan yang dibikin ala kadarnya, pemula jarang hidup tanpa listrik. Jadi anggaplah camping pertamamu ini adalah saran adaptasi untuk kegiatan camping kamu selanjutnya. Jangan sampai baru pertama camping langsung kapok jadi tidak mau camping lagi.


Camping rame-rame (abesagara.com)
5. Jangan Sendirian
Camping sendirian gak asik, suer. Camping paling efektif itu tiga orang, dan kalau lebih dari 10 itu namanya PERSAMI. Tapi makin banyak yang ikut makin asik sih. Saat camping, kalian bakal melakukan yang namanya team work, dan team work itu bakal mempererat ikatan pertemanan kalian. Dengan camping bareng teman, harapannya pertemanan kalian jadi tambah kuat bro. 

6. Eksplor Camp Ground
Camp ground kalian adalah alam terbuka, alam terbuka artinya harus dijelajahi! Jadi jelajahilah alam disekitar camp ground kalian. Kalian bisa menyusuri hutan, mengikuti aliran sungai, dll. Dengan eksplor camp ground, kalian bakal menemukan banyak alasan untuk melakukan agenda camping selanjutnya. Tapi hati-hati jangan sampai tersesat yah!

7. Datang Bersih, Pulang Bersih
Nah ini dia tips camping untuk pemula yang sering luput dan jarang di bahas oleh tulisan lainnya Tolong bersihkan kembali tempat kalian camping dari sampah-sampah yang telah kalian hasilkan. Kalian datang bersih, kalian pulang juga tempat harus bersih. Tidak hanya untuk camping pemula saja, untuk tukang camping langganan juga masih banyak yang meninggalkan sampahnya di lokasi camping. Tolong jadilah penikmat alam yang bertanggung jawab!




Foto judul: hootowlgarden.com | Foto isi: abesagara.com
Tips Camping Untuk Pemula, Biar Tambah Fun! Tips Camping Untuk Pemula, Biar Tambah Fun! Reviewed by indosurvival on Desember 07, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar