Teknik Cara Berburu Bajing di Hutan


Perlu diperhatikan bahwa bajing tidaklah sama dengan tupai. Perbedaan mendasarnya adalah bajing merupakan pemakan buah-buahan sedangkan tupai adalah pemakan serangga. Bajing kerap menjadi hama petani buah-buahan karena biasanya mereka memakan habis satu kebun buah jika tidak dilindungi. 


Cara berburu bajing di hutan memang agak tricky. Sebelum berburu, kita harus mengetahui dulu karakteristik hewan ini supaya perburuannya efektif dan tidak menghabiskan waktu. 

Karakteristik Bajing

Makanan

Binatang ini hidup dengan memakan berbagai jenis kacang-kacangan dan buah liar atau hasil bumi yang ditaman oleh petani seperti kakao, pete, durian, salak, pisang, kacang tanah, dll. Terkadang mereka juga memakan kulit kayu. Kulit kayu favorit mereka adalah kulit kayu pete. Perhatikan saja batang pohon pete maka akan terlihat banyak bekas gigitan bajing di kulitnya.

Tempat tinggal


Sarang bajing dari sabut kelapa (foto: Ni Made Sriandani)
Bajing memilih bersarang di tempat-tempat yang terlindungi seperti pohon dengan daun yang lebat karena berfungsi untuk melindungi sarang dari hujan dan keselamatan dari bahaya. Bajing tergolong binatang yang cerdas jika dilihat dari sangkarnya. Mereka membuat sangkar berbentuk lingkaran (seperti sarang burung, tapi tertutup) yang hanya mempunyai satu jalan keluar. Didalam lingkaran itualah mereka beristirahat dan bereproduksi. Bahan-bahan sangkarnya pun tergolong bahan bahan halus seperti kapas, daun-daun kering, sabut kelapa, dan sebagainya.

Aktifitas
Bajing lebih banyak aktif pada cuaca yang teduh dan tidak nyaman dengan cuaca panas seperti pada siang hari. Biasanya mereka mencari makan pada pagi hari sekitar pukul jam enam pagi sampai dengan jam sebelas siang. 

Pada siang hari, bajing lebih memilih menghabiskan waktu di sarangnya, namun ada juga yang berkeliaran di siang hari walaupun tidak sebanyak di pagi hari. Sore hari sekitar jam empat sore mereka akan keluar sarang lagi untuk mencari makan malam. 

Waktu terbaik untuk berburu bajing adalah di pagi dan sore hari saat mereka banyak berkeliaran untuk mencari makan. Pemburu tupai biasanya mulai berangkat pada waktu subuh. 

Baca Juga: Ketahui Apa Saja Hewan Yang Dapat Dimakan Saat Survival di Hutan

Tips & Teknik Berburu Bajing

Dengan teknik yang benar maka mudah untuk berburu bajing (foto: ramblingangler.com)
1. Bajing sangat senang keluar sarang di pagi hari. Selain untuk mencari makanan juga untuk menghangatkan tubuh mereka. Bila hari sudah menjelang siang dan matahari mulai bersinar cerah maka biasanya tingkat kesiagaan mereka akan berkurang dan disitulah kesempatan kita untuk memburunya. 

2. Jangan pernah berburu disiang bolong, disaat matahari sedang bersinar terik karena pada waktu ini tupai lebih banyak berdiam di sangkarnya dan kesempatan untuk menemukannya kecil.'

3. Jangan berburu disaat angin berembus kencang karena tembakan kita pasti akan sering meleset.Hal ini diakibatkan oleh peluru tembaga atau seng yang hanya memiliki massa ringan akan kalah dengan kuatnya hembusan angin.

4. Waktu hujan adalah waktu terbaik untuk berburu bajing. Selain bajing menyukai basah-basahan, saat hujan suara kita juga akan tersamar sehingga tidak mudah untuk diketahui oleh pendengaran tajam bajing.

5. Penglihatan dan pendengaran bajing sangatlah peka. Jika kita sudah terlihat atau terdeteksi olehnya lebih baik berhenti sejenak karena bajing masih siaga sehingga sangat sulit untuk mengejar / membidiknya.

6. Pakailah pakaian berburu yang mampu mengkamuflasekan diri kita dengan lingkungan sekitar supaya mampu mengelabui penglihatan bajing dan tidak mudah terdeteksi.

7. Jika menggunakan senapan angin. Fokuskan bidikan pada kepala bajing karena jika dibidik badannya biasanya tupai masih bisa lari dan bersembunyi. Selain itu juga karena alasan etika berburu, yakni one shot one kill. Jangan sampai kita menyiksa binatang secara perlahan. 

8. Jangan berburu bajing didaerah persawahan atau perkebunan yang tidak terdapat makanan favorit bajing.

9. Berburulah dengan bijak, datangi kantor Bala Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) setempat untuk menanyakan kuota dan legalitas perburuan. 

10. Berdoa dulu sebelum berburu, karena kita akan membunuh makhluk lemah ciptaan Tuhan.

Selamat berburu! 

Sumber foto feature: outdoorlife.com
Teknik Cara Berburu Bajing di Hutan Teknik Cara Berburu Bajing di Hutan Reviewed by indosurvival on Desember 18, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar