Spot Mancing Favorit di Taman Nasional Baluran


Jika kalian berkunjung ke Baluran, selain menikmati eksotisme alamnya, kalian juga bisa mencoba memancing di alamnya masih asri tanpa polusi. Tapi tidak sembarang tempat diperbolehkan untuk kegiatan memancing yah. Pantai Bama dilarang untuk memancing karena dikhawatirkan akan menggangu ekosistem bawah lautnya. Maklum, Baluran merupakan area konservasi. 

Jadi spot mana saja di Baluran yang boleh digunakan untuk memancing? Sementara ini hanya terdapat dua spot mancing di Taman Nasional Baluran, yaitu Pantai Perengan dan Pantai Kajang

Pantai Perengan

Foto: balurannationalpark.web.id
Pada bulan mei 2018 kemarin baru saja diadakan lomba memancing di Pantai Perengan. Mengutip berita di balurannationalpark.web.id - 'pantai Perengan ramai oleh para peserta yang mengikuti lomba memancing. Kegiatan yang diberi judul Baluran Fishing Competition 2018 ini dilaksanakan oleh Balai Taman Nasional Baluran dan telaksana dengan sukses. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo serta sejumlah pejabat lainnya.'

Pantai ini terletak di Desa Wonorejo dan berada di Zona Tradisional Taman Nasional Baluran. Pantai Perengan merupakan obyek wisata baru di TN Baluran dengan keunikan wilayah perairannya sebagai tujuan wisata. 


Selain keindahan pantainya, Pantai Perengan memiliki keunikan tersendiri. Salah satunya adalah potensi perikanan yang cukup melimpah yang menjadi daya tarik masyarakat, khususnya bagi mereka yang memiliki hobi memancing.

Jika ingin bermalam karena ingin menikmati indahnya sunrise pantai perengan, jangan khawatir. Di Desa Wonorejo sudah banyak home stay yang dikelola oleh penduduk. Kalian juga bisa camping  sambil bakar-bakar ikan hasil memancing atau membeli dari pasar ikan sambil menikmati malam di pinggir pantai. 

Pantai Kajang

Foto: Achmad Taufik/Phinemo
Pantai ini sudah tidak asing lagi buat para mancing mania. Selain alamnya yang masih asri. Daerah sekitar Pantai Kajang juga masih liar sehingga jarang ada wisatawan yang datang kesini. Padahal, lokasinya tidak terlalu jauh dari Pantai Bama.

Untuk menuju Pantai Kajang, kita terlebih dahulu wajib meminta izin di Resort Bama kemudian dilanjut dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor. Usahakan minta tolong kepada petugas untuk menjadi guide selama perjalanan ke Pantai Kajang. Dalam perjalanan menuju pantai kamu akan merasakan sensai bertualang di alam bebas karena perjalanannya akan menembus belantara Hutan Baluran.

Untuk lebih jelasnya silahkan langsung menghubungi petugas Taman Nasional BaluranTelepon: (+62) 333461936 / (+62) 333461650

Featured photo source: Radio-Canada/cbc.ca
Spot Mancing Favorit di Taman Nasional Baluran Spot Mancing Favorit di Taman Nasional Baluran Reviewed by indosurvival on Desember 09, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar