Penjelasan Kenapa Indonesia Sering Dilanda Gempa Bumi & Tsunami


Indonesia, sebuah negara yang indah namun tersimpan petaka didalamnya. Kenapa di Indonesia banyak sekali terjadi gempa bumi? begitu juga dengan Tsunami? Menurut data dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) setidaknya dalam satu tahun terjadi sekitar 6000 kali gempa bumi di Indonesia dari skala yang paling kecil sampai besar. Ribuan gempa bumi ini bukan hanya terjadi baru-baru ini saja namun sudah berlangsung sejak berjuta-juta tahun lalu, sejak awal terciptanya planet bumi dan terus berlangsung sampai hari ini dan seterusnya.

Gempa bumi merupakan bagian dari siklus kehidupan Planet Bumi seperti halnya hujan, pasang-surut air laut, berlangsungnya siang dan malam, dan sebagainya. Gempa bumi adalah getaran atau getar-getar yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa Bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak Bumi (lempeng Bumi). Lempeng bumi ini akan selalu bergerak selaras dengan berputarnya bumi pada porosnya.

Baca Juga : Panduan Persiapan Evakuasi Tsunami

Jadi untuk memahami kenapa sering terjadi gempa bumi dan tsunami di Indonesia, sebaiknya kita pahami dulu mengapa gempa dan tsunami bisa terjadi. 

Bagaimana Gempa Bumi Terjadi?



Video diatas merupakan ilustrasi terjadinya gempa dalam 15 tahun terakhir. Jika kita amati dengan seksama, Indonesia sangat sering terjadi gempa. Terjadinya gempa bumi ini dapat disebabkan oleh dua faktor utama, yaitu karena aktivitas tektonik (pergerakan lempeng bumi) atau aktivitas vulkanik (meletusnya gunung berapi). Terjadinya gempa bumi dipengaruhi oleh beberapa hal selain dua aspek utama diatas, yaitu medium yang dilalui dan kedalaman sumber gempa.

Gempa bumi terjadi ketika penyebab gempa bumi menghasilkan getaran, kemudian getaran tersebut merambat ke segala arah dan menyebabkan gelombang. Gelombang inilah yang biasa kita rasakan ketika terjadi gempa bumi.

Gempa tektonik terjadi ketika ada gesekan atau benturan yang terjadi antar lempeng di dalam bumi. Lempeng-lempeng didalam bumi ini kan selalu bergerak dan ketika terjadi benturan, otomatis di dalam bumi akan terjadi goncangan dimana getaran dari tumbukan tersebut akan merambat ke segala arah. Jika tumbukan yang terjadi besar, maka gelombang getarannya akan sampai ke permukaan bumi dan menimbulkan goncangan hebat yang kita namakan gempa bumi.

Gempa vulkanik terjadi ketika sebuah gunung api mengalami erupsi. Magma dari tubuh gunung api tertahan oleh sumbat lava yang terbentuk oleh magma sebelumnya yang membeku. Diperlukan energi yang besar untuk menembus batuan tersebut, ketika energi terlepaskan dan menghancurkan sumbat tersebut, terbentuklah getaran getaran yang akan kita rasakan sebagai gempa bumi.

Mengapa Gempa Bumi Sering Terjadi di Indonesia?


Cincin Api Pasifik 
Kita sudah ketahui di atas bahwa penyebab gempa bumi adalah karena aktivitas tektonik dan aktivitas vulkanik. Bukan kebetulan, Indonesia berdiri diatas sebuah cincin api (ring of fire) yang merupakan pusat terjadinya benturan tiga lempeng tektonik yaitu, lempeng Indo-Australia dari sebelah selatan, Eurasia dari utara, dan Pasifik dari timur. Banyaknya benturan antar lempeng ini juga menjadi penyebab banyaknya gunung berapi di daerah yang dilalui oleh jalur cincin api ini. Jadi tanpa kita sadari, dibawah tanah yang kita pijak ini setiap hari terjadi benturan di dalam tanah yang tidak kita rasakan. 

Mengapa Juga Sering Terjadi Tsunami di Indonesia?


Proses terjadinya tsunami karena proses subduksi (Sumber: Earth Observatory of Singapore)
Kita pasti tahu kalau Indonesia merupakan negara kepulauan yang mayoritas wilayahnya dikelilingi oleh air laut. Gempa bumi tidak hanya terjadi di darat saja, namun juga terjadi di dasar laut. Ketika pusat gempa terjadi di dalam laut maka dapat mengakibatkan dasar laut naik atau turun secara tiba-tiba, yang mengakibatkan gangguan keseimbangan air yang berada di atasnya. Hal ini mengakibatkan terjadinya aliran energi air laut, yang ketika sampai di pantai menjadi gelombang besar yang mengakibatkan terjadinya tsunami.

Perubahan permukaan laut secara tiba-tiba itu bisa disebabkan oleh gempa bumi yang berpusat di bawah laut, letusan gunung berapi bawah laut, longsor bawah laut, atau hantaman meteor di laut. Namun hampir 90% tsunami terjadi karena gempa bumi.

Sumber foto feature: Kompas.com
Penjelasan Kenapa Indonesia Sering Dilanda Gempa Bumi & Tsunami Penjelasan Kenapa Indonesia Sering Dilanda Gempa Bumi & Tsunami Reviewed by indosurvival on Desember 23, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar