Kapsul Survival, Pilihan Alternatif Untuk Evakuasi Gempa Bumi dan Tsunami


Ada kabar gembira untuk masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana seperti Indonesia yaitu sebuah kapsul survival yang didesain untuk perlindungan dari bencana alam seperti gempa, tsunami, tornado, dan badai.


Kapsul ini dibuat oleh dua orang ahli kedirgantaraan Amerika Serikat yang bernama Julian Sharpe dan Scott Hill. Kapsul ini tahan benturan dan mampu mengapung di air sehingga sangat cocok untuk perlindungan dari gempa bumi dan tsunami.

Secara sepintas kapsul ini mirip dengan kapsul pendaratan untuk astronot. Terbuat dari baja aluminium yang keras dan dirancang agar mampu bertahan dalam kondisi alam yang keras saat terjadi bencana.



Terdapat penyeimbang pada bagian rangkanya untuk mencegah kapsul terbolak-balik saat terapung di air. Kapsul ini juga dapat di kaitkan pada permukaan untuk mencegahnya hanyut terbawa ombak.

Bagian dalamnya di desain senyaman dan seaman mungkin serta mampu menampung persediaan makanan selama dua minggu. Selain itu juga dilengkapi dengan sound system dan toilet serta jendela kecil untuk melihat kondisi di luar.

Terdapat ventilasi udara yang dapat digunakan saat kapsul mengapung. Sementara saat kapsul tenggelam, ventilasi akan otomatis menutup dan aliran oksigen digantikan dengan dua tabung oksigen yang terdapat di dalam kapsul.


Terdapat beberapa versi kapsul survival menurut kapasitasnya, mulai dari kapasitas satu orang sampai satu keluarga. Kapsul ini diharapkan dapat digunakan sebagai perlindungan sementara saat terjadi bencana besar, khususnya tsunami sambil menunggu bantuan dari tim penyelamat tiba. 

Sayangnya, untuk memiliki kapsul ini kita harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Satu buah kapsul berkapasitas dua orang dihargai sekitar Rp. 187 juta. Kapsul survival ini sementara sudah di pasarkan di Amerika Serikat dan Jepang. 



Indonesia sepertinya harus membuat inovasi semacam ini, sebuah alat perlindungan dari bencana alam yang bisa dimiliki oleh masyarakat, namun dengan harga yang terjangkau. karena kita tahu, Indonesia adalah salah satu negara yang paling rawan bencana alam.
...

Kalian bisa baca-baca puluhan ebook tentang survival dan dunia petualangan luar ruang yang sudah kami kumpulkan disini.


Agar selalu update info terbaru: Follow instagram @indosurvival & Like Fanpage Facebook Indosurvival


Sumber gambar: Caters News Agency


Kapsul Survival, Pilihan Alternatif Untuk Evakuasi Gempa Bumi dan Tsunami Kapsul Survival, Pilihan Alternatif Untuk Evakuasi Gempa Bumi dan Tsunami Reviewed by indosurvival on Desember 27, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar