Ilmu Survival Yang Wajib Dikuasai Untuk Bertahan Hidup di Alam Liar


Setiap petualang dan penggiat olahraga outdoor yang sering beraktifitas di alam terbuka punya kemungkinan berhadapan dengan keadaan darurat yang bisa mengancam keselamatan. Untuk itu diperlukan kemampuan pertahanan hidup sebagai salah satu cara menghadapi keadaan darurat saat berada di alam. 

Tidak banyak yang menguasai ilmu survival karena ilmu survival hanya diajarkan kepada kalangan tertentu saja seperti anggota TNI, BASARNAS, MAPALA dan organisasi lain yang kegiatannya bersangkutan dengan alam terbuka. 


Sebenarnya ilmu survival harus dikuasai oleh siapa saja, karena survival adalah ilmu dasar untuk bertahan hidup, dimanapun dan kapanpun. Berikut ini adalah beberapa ilmu survival yang wajib dikuasai, yaitu:


1. Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)


Mungkin kamu punya peralatan terbaik dan makanan untuk bertahan hidup sampai berbulan-bulan lamanya, tapi bagaimana kalau kamu sakit atau kecelakaan? Kebanyakan korban meninggal bukan karena kelaparan atau kekurangan peralatan, tapi karena sakit dan kecelakaan fisik. 

Dengan menguasai ilmu pertolongan pertama , kita jadi tahu tindakan apa saja yang harus dilakukan ketika kita terjadi kecelakaan atau sakit di alam bebas. Penanganan yang tepat bisa menyelamatkan nyawa yang sekarat.


Silahkan baca Kumpulan artikel mengenai Kesehatan, Kecelakaan, dan P3K.


2. Air (Mencari sumber air dan memurnikannya)


Sumber foto: surviveuk.com
Air sangat vital untuk bertahan hidup. Manusia hanya bisa bertahan hidup tanpa air selama tiga sampai empat hari saja. Mampu mengetahui dimana dan bagaimana cara mendapatkan air adalah hal yang paling penting. Begitu juga dengan mengetahui bagaimana membuat air itu dapat diminum. Kita tidak mau sakit karena minum air kotor yang penuh dengan bakteri bukan?

Silahkan baca Kumpulan artikel tentang mencari air di alam liar

3. Api (Membuat dan mempertahankan Api)

Api adalah unsur penting dalam kehidupan kita. Dengan api, kita bisa tetap hangat saat kedinginan. Kita bisa membuat makanan yang tidak bisa dimakan menjadi bisa dimakan. Kita bisa membuat air kotor menjadi bersih. 

Menguasai ilmu api berarti harus menguasai cara menyalakan api, cara membuat api unggun, dan cara mempertahankan api supaya tidak mati. Saat korek api sudah habis, kamu harus bisa menguasai teknik membuat api dengan alat-alat seadanya.


Silahkan baca Kumpulan artikel tentang cara membuat dan memanfaatkan api

4. Makanan (Memancing, berburu dan meramu)

Sumber foto: sympathink.com
Manusia butuh makan untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Saat perbekalan makanan sudah menipis, mau tidak mau kita harus mencari makanan di alam liar. 

Alam menyediakan Sumber Daya yang melimpah, termasuk makanan. Dengan menguasai ilmu berburu, meramu, dan memancing, kita bisa dengan segera mencari makanan yang ada di alam dengan menggunakan ilmu yang sudah kita kuasai sehingga kita bisa bertahan hidup. 


5. Shelter / Berteduh (Membuat tempat perlindungan sementara)

Ilmu ini membuat kita bisa berteduh dikala hujan, tetap hangat saat dingin, sejuk saat panas, serta terlindung dari ancaman binatang liar. Tempat berlindung juga memberi kita rasa aman secara psikologis sehingga kita bisa terus berpikir jernih untuk tetap bertahan hidup.

Syarat utama dalam membangun shelter


6. Navigasi


Sumber foto: mec.ca
Kita tidak mau terlantar selamanya di sebuah tempat antah berantah. Ilmu navigasi akan membantu kita untuk mencari jalan pulang atau setidaknya jalan menuju tempat lain yang ada peradabannya. Ilmu navigasi ini mencakup ilmu menentukan arah, membaca peta, GPS, dsb. 

| Teknik dasar navigasi darat

7. SOS / Sinyal Darurat


Mengetahui macam-acam cara memberi sinyal agar secepatnya mendapatkan pertolongan dari tim penyelamat tentunya akan sangat membantu. Ada banyak teknik SOS, seperti memberi sinyal dengan cermin, Menyalakan api, membuat asap, memberi suara, dan sebagainya. 

silahkan baca Kumpulan artikel tentang SOS / tanda bahaya.

8. Pertahanan Diri

Sumber foto: nps.gov
Selain bertahan dari kerasnya kondisi alam liar. Pertahanan diri dari ancaman binatang liar atau bahkan dari manusia lain juga perlu kita kuasai. Ilmu pertahanan ini bisa berupa ilmu bela diri tangan kosong, pengunaan alat atau teknologi pertahanan diri, dan pengetahuan dasar ancaman binatang liar.

9. Mental

Mental dan psikologis dalam keadaan survival sangat berperan besar. Menguasai mental dan kondisi psikologis kita kadang justru lebih hebat dari ilmu survival apapun. Yang membuat manusia bisa bertahan hidup dalam dunia yang keras adalah sikap positif, ketenangan pikiran, dan motivasi yang kuat.
Ilmu Survival Yang Wajib Dikuasai Untuk Bertahan Hidup di Alam Liar Ilmu Survival Yang Wajib Dikuasai Untuk Bertahan Hidup di Alam Liar Reviewed by indosurvival on Desember 11, 2018 Rating: 5

1 komentar