Cara Membuat Api Dengan Alat Seadanya Tanpa Korek Api


Membuat api tanpa korek api adalah salah satu kemampuan survival yang wajib para survivor ketahui. Sebenarnya ada banyak cara untuk membuatnya, dari yang paling mudah sampai yang ribet harus menggunakan bahan-bahan kimia.

Walaupun ada banyak, setidaknya kalian harus menguasai satu cara membuat api tanpa korek api, supaya saat berada dalam kondisi darurat tanpa korek api , kalian bisa mencoba cara alternatif dalam membuat api.

| Baca juga: Macam-Macam Tinder Yang Bisa Ditemukan di Alam

Oh ya perlu diketahui, artikel ini menggunakan banyak kata 'tinder' karena tidak ada padanan katanya dalam bahasa Indonesia. Apa itu tinder? tinder merupakan istilah untuk menyebut bahan-bahan yang mudah terbakar seperti kapas, serbuk kayu, kertas, dsb. Tinder biasa digunakan untuk memulai sebuah api atau api unggun.

1. Batu Api dan Baja / Flint and Steel


foto: beprepared.com
Teknik ini sering kita lihat di film-film petualangan dan merupakan teknik membuat api tanpa korek yang paling tua dalam sejarah. Alat firestarter ini dijual di toko-toko alat outdoor dengan harga yang bervariasi. Namun jika kalian tidak punya alat ini, kalian bisa mencoba menggesekkan pisau baja dengan batu sampai muncul percikan-percikan apinya dan arahkan ke tinder supaya tinder terbakar.

2. Kaca Pembesar


foto: will taylor / youtube
Ini juga sering kita lihat di film-film petualangan. Kaca pembesar dapat memusatkan panas matahari melalui cermin dan diteruskan ke tinder. Gunakan kaca pembesar di siang hari saat cuaca cerah. Jika tidak ada kaca pembesar, kalian bisa menggunakan lensa kacamata, lensa teropong, atau bahkan lensa kamera.

3. Memanfaatkan Gaya Gesek


foto: backcountrysurvival.co.uk
Hukum fisika menyatakan bahwa gesekan menciptakan panas. Jika gesekan terus dilanjutkan ke bahan-bahan yang mudah terbakar maka panas tersebut akan berubah menjadi api.

Terdapat tiga cara umum dalam menggunakan gaya gesek ini yaitu dengan cara bow drill, hand drill, dan fire plough. Ketiganya menggunakan kayu sebagai medianya. Caranya adalah dengan menggesekan tongkat poros ke papan kayu yang telah dibuat sedemikian rupa. Gesekan dua kayu ini akan menciptakan serpihan serbuk kayu yang saat terpapar panas dari gesekkan tadi akan menciptakan api.

Jika kedua cara diatas dengan memutar poros. Fire plough bekerja dengan cara menggesekan kedepan dan belakang tongkat poros dan papan kayu, seperti orang sedang mencangkul.

Baca: Cara Membuat Api Dengan Teknik Bow & Drill

4. Menggunakan Steel Wool dan Batu Baterai



Apa itu steel wool? adalah kawat baja yang berukuran tipis seperti layaknya wol. Contoh mudahnya adalah kawat pencuci piring, hanya saja steel wool lebih tipis. Banyak yang jual steel wool di toko-toko online atau toko bangunan yang besar.

Gesekkan atau tempelkan steel wool ke ujung kutub baterai sampai api menyala. Lakukanlah diatas tinder supaya api langsung dapat merambat ke tinder dan terbentuklah api.

5. Menggunakan Botol Berisi Air




Cara ini juga menggunakan prinsip kerja kaca pembesar hanya saja yang digunakan adalah botol yang berisi air. Botol berisi air akan menyerupai kaca cembung dan mampu merefleksikan panas ke pada tinder dibawahnya.

6. Memanfaatkan Bekas Korek Gas

Korek gas mempunyai roda pemantik api, ketika kita sudah kehabisa gas, kita bisa memanfaatkan pemantiknya untuk menciptakan percikan api yang bisa digunakan untuk menyalakan tinder. Namun sebelumnya buang dulu penutup rodanya supaya percikan api tidak terhalang

7. Menggunakan Kaleng Aluminium


Jika kalian menemukan kaleng aluminium yang bagian bawahnya berbentuk cekung maka lakukanlah cara ini. Gosok bagian bawah kaleng tersebut hingga mengkilap, bisa menggunakan pasta gigi atau apapun yang penting harus jadi mengkilap dan bisa memantulkan cahaya. Setelah mengkilap, pada cuaca cerah dibawah sinar matahari arahkan ke benda yang mudah terbakar, dan voila! terciptalah sebuah api.

8. Menggunakan Reaksi Kimia



Cara ini termasuk ribet karena kita tidak mungkin membawa-bawa bahan kimia ketika melakukan kegiatan petualangan. Kita tahu bahwa beberapa reaksi kimia mampu menciptakan api sehingga membuat api secara kimia menjadi salah satu opsi ketika kita kehabisan korek api.

Sumber foto feature: traveladventures.com
Cara Membuat Api Dengan Alat Seadanya Tanpa Korek Api Cara Membuat Api Dengan Alat Seadanya Tanpa Korek Api Reviewed by indosurvival on Desember 14, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar