Bahan Untuk Memulai Api Yang Bisa Ditemukan di Alam (Tinder)


Apa itu tinder? tinder merupakan istilah untuk menyebut semua bahan-bahan yang mudah terbakar seperti kapas, serbuk kayu, kertas, daun kering dsb. Tinder biasa digunakan untuk memulai sebuah api atau api unggun. Dengan menggunakan tinder, percikan api dapat merambat ke bahan tersebut da membuatnya terbakar untuk kemudian kita teruskan ke bahan bakar seperti kayu, dll. 

Hal-hal yang perlu di dalam mencari tinder di alam adalah, pertama, gunakanlah bahan-bahan dari tanaman yang sudah mati, tapi belum membusuk. Tanaman mati cenderung lebih kering dan mudah terbakar. Pastikan tanaman tersebut belum busuk karena saat tanaman sudah membusuk tanaman tersebut kehilangan daya bakarnya.

Kedua, pastikan hanya mengambil tinder yang benar-benar kering. Selain untuk menghemat waktu dan tenaga, tinder yang sudah kering lebih ringan untuk dibawa sehingga kamu bisa mengambil lebih banyak.

Nah, berikut adalah macam-macam tinder atau bahan pembuat api yang bisa ditemukan di alam.

1. Rumput kering


foto: Bushcraft Ham Radio / Youtube
Rerumputan yang sudah mengering sangat mudah terbakar, selain itu rumput kering juga cukup mudah ditemukan di alam karena rumput tumbuh dimana mana. Rumput biasanya digunakan dengan mencampurnya bersama jenis tinder lainnya.

2. Dedaunan

Daun kering mudah di temukan di alam. Carilah daun kering yang sudah jatuh ke tanah atau daun-daun mati yang masih menempel di ranting-ranting pohon. Daun cukup tahan lembab sehingga mudah dijadikan tinder. 

Namun biasanya cukup susah untuk menyalakan daun secara langsung dengan percikan api (Metode menyalakan api tanpa korek api). Daun bisanya dicampur dengan tinder lainnya ketika tinder pertama sudah menyala setelah diperciki api.

3. Pinus Jarum


Daun pinus jarum yang masih hidup. Carilah yang sudah mati dan kering, biasanya berserakan di tanah (foto: maangchi.com)
Daun pohon pinus yang bentuknya seperti jarum ini sangat bagus dijadikan tinder. Bahan ini sangat mudah terbakar kecuali jika basah atau sudah busuk. Hampir disetiap pegunungan di Indonesia terdapat pohon pinus, jadi carilah disekeliling kalian daun-daun pinus jarum yang sudah mati / kering, biasanya berserakan di bawah pohon-pohon pinus.

4. Semak Belukar

Semak-semak merupakan salah satu tumbuhan yang sangat cepat persebarannya dan mudah ditemukan. Carilah semak yang kering dan ambil bagian-bagian tanamannya lalu potong supaya ukurannya tidak terlalu besar. 

Semak kering sangat mudah terbakar, faktanya, beberapa kebakaran hutan terjadi hanya karena terbakarnya semak kering oleh sinar matahari. 

5. Kulit Kayu / Pegagan


foto: 4directionsbushcraft.com
Kulit kayu merupakan bahan bakar api yang mampu menyala cukup lama. Selain itu kulit kayu bagian dalam sebuah pohon biasanya kering sehingga sangat baik dijadikan tinder. Carilah pohon-pohon dengan ukuran yang cukup besar dan cari bagian kulit kayunya yang mudah dilepas. Atau kalian bisa melepas paksa kulit kayu dengan pisau. 

6. Ilalang

Alang-alang, selain mudah ditemukan juga cocok dijadikan tinder. Bulu-bulu halus pada tubuhnya mudah terbakar dan bersifat seperti kapas sehingga cocok untuk memulai sebuah api. 

7. Kupasan kayu


foto: acrossthepeak.com
Kayu memang biasa dijadikan bahan bakar untuk membuat api. Namun jika kamu memakai kayu untuk memulai api, bisa dipastikan kamu akan gagal. Untuk itu, kupas dulu batang kayu menjadi lembaran lembaran tipis agar mudah untuk dibakar dan digunakan untuk memulai sebuah api.

Kamu bisa mengupas kayu menggunakan pisau, gunakanlah seperti mengupas kulit buah sehingga terbentuklah lembaran-lembaran kayu yang tipis. 

8. Sabut Kelapa

Sabut kelapa umumnya ditemukan kering dan sangat mudah terbakar. Cabuti sabut kelapa dari batoknya, dan kumpulkan jadi satu lalu percikkan api diatasnya. Kita bisa menemukan pohon kelapa di dataran rendah. Namun ketika berada di pegunungan mungkin agak sulit untuk menemukannya. 

9. Buah Pohon Kapuk (Kapas)



Buah dari pohon kapuk randu merupakan sumber serat yang mudah terbakar. Jika menemukan pohon kapuk randu, amati dan carilah buahnya. Biasanya buah yang sudah tua akan jatuh ke tanah. Kapas kapuk randu ini sangat bagus dijadikan tinder karena sangat mudah terbakar. Pohon kapuk randu sering kita jumpai tumbuh liar di hutan-hutan tropis, termasuk di hutan-hutan Indonesia. 

Itulah beberapa bahan alami di hutan yang bisa di jadikan tinder atau bahan untuk memulai api. Jika kamu punya saran bahan lain yang bisa ditemukan di alam untuk dijadikan tinder, jangan lupa untuk meninggalkan komentar ya. 
...

Kalian bisa baca-baca puluhan ebook tentang survival dan dunia petualangan luar ruang yang sudah kami kumpulkan disini.



Agar selalu update info terbaru: Follow instagram @indosurvival & Like Fanpage Facebook Indosurvival


Bahan Untuk Memulai Api Yang Bisa Ditemukan di Alam (Tinder) Bahan Untuk Memulai Api Yang Bisa Ditemukan di Alam (Tinder) Reviewed by indosurvival on Desember 15, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar