Dasar Pengertian Ilmu Survival


Survival, alias bertahan hidup merupakan basic instinct, naluri dasar setiap makhluk hidup. Baik manusia, hewan, maupun tumbuhan semuanya punya naluri untuk bertahan hidup. Kita punya tiga kebutuhan dasar yakni sandang, pangan, papan untuk menunjang keberlangsungan hidup kita sebagai manusia. 

Alam merupakan sahabat sekaligus musuh terbesar manusia. Alam memberi kita manfaat, namun alam juga memberi kita nestapa. Bisa dibilang, jika kita mampu menguasai alam, maka kita dapat bertahan hidup lebih lama lagi, itulah seni dari survival.


Di kalangan penggiat alam bebas, survival merupakan suatu ilmu untuk mempertahankan diri dari berbagai ancaman di alam bebas menggunakan perlengkapan seadanya dengan tujuan untuk menjaga kelangsungan hidup. Semakin lengkap perlengkapan dan penguasaan kita terhadap alat-alat bantu survival, maka semakin tinggi pula angka harapan hidup kita.


Untuk melatih kemampuan bertahan hidup di alam bebas, kita bisa belajar dari buku, komunitas, maupun sekolah-sekolah dasar survival untuk kemudian kita praktekkan langsung di alam. Menurut buku komando survivalsurvival juga dapat diartikan perhuruf seperti berikut ini;

  • S  : Sadarilah sungguh sungguh situasimu
  • U  : Untuk malang tergantung ketenanganmu
  • R : Rasa takut dan panik harus kamu kuasai
  • V : Vakum (kosong) isilah dengan segera
  • I : Ingatlah selalu di mana kamu berada
  • V : Viva (hidup) tetap hargailah dia
  • A : Adat istiadat setempat patut ditiru
  • L : Latihlah dirimu dan belajarlah selalu
Tidak Panik Adalah Kunci Bertahan Hidup
Materi dasar survival mengenal istilah STOP + A, sebuah kata yang bisa digunakan oleh survivor sebagai panduan dan pengingat apabila berada dalam kondisi terdesak, panik, kritis atau kehilangan arah.

  • S : Stop and seating (berhenti dan duduklah setenang mungkin)
  • T : Thinking (berpikirlah)
  • O : Observe (amati keadaan sekitar dengan seksama)
  • P : Planning (buat rencana yang harus di lakukan segera mungkin)+
  • A : Act (segera lakukan apa yang sudah direncanakan)
Baca juga: Kenali Lebih Dalam Metode STOP
Dengan bersikap tenang dan tidak panik, maka kita bisa berpikir jernih untuk menentukan langkah selanjutnya. Karena, jika salah melangkah, maka akbiatnya akan sangat fatal.

Empat Lokasi Bertahan Hidup
Pada praktiknya, ada empat lokasi utama dimana penguasaan teknik survival akan sangat dibutuhkan, yaitu;
  1. Bertahan hidup di Hutan
  2. Bertahan hidup di Laut
  3. Bertahan hidup di Padang Pasir
  4. Bertahan hidup di Kutub
Hidup di Indonesia yang merupakan daerah tropis, kita hanya perlu fokus pada dua lokasi pertama yaitu gunung dan laut. Tapi mungkin kita juga perlu mempelajari lokasi ketiga dan keempat secepatnya karena bukan tidak mungkin di masa depan, Indonesia akan berubah jadi padang pasir dan kutub akibat efek dari pembabatan hutan dan pemanasan global.

Teknik Dasar Survival Yang Wajib di Kuasai

Ada 5 teknik dasar yang wajib di kuasai supaya bisa survive di segala medan, diurutkan dari yang paling penting;
  1. Pertolongan Pertama, bukan hanya dalam kategori medis tetapi juga kategori psikologis dimana seorang survivor dituntun untuk tetap tenang dan tidak panik, karena panik dapat memperburuk kondisi sang survivor. pertolongan pertama ini dapat kita lakukan dengan metode STOP. 
    >>>  Perlengkapan Dasar P3K Yang Wajib Dibawa di Alam Bebas
  2. Makanan dan Air, merupakan elemen penting dalam kegiatan survival karena tidak mungkin seorang yang ber-survival dapat bertahan hidup tanpa Makanan dan Air.
  3. Shelter atau Tenda, merupakan tempat tinggal sementara yang digunakan untuk berlindung survivor pada saat melakukan survival. Shelter bisa berupa tenda dan bisa dibuat dari mantel seperti bivoac. Survivor juga bisa memanfaatkan alam sekitar seperti berlindung dalam goa, rongga pohon yang aman atau celah bebatuan yang sekiranya mampu untuk melindungi survivor.
  4. Api merupakan salah satu elemen yang berperan penting dalam aktivitas bertahan hidup karena berfungsi sebagai penghangat, penerangan, penghalau binatang buas, kebutuhan masak-memasak dan memberikan sinyal dimana keberadaan survivor berada.
  5. Sinyal atau Tanda, Sinyal atau Tanda merupakan bagian yang tidak kalah penting. Dengan adanya sinyal dapat memberikan potensi survivor dapat ditemukan oleh tim penolong karena sinyal dapat memberikan petunjuk dimana survivor berada.
Hal-hal diatas merupakan pengetahuan paling dasar dalam dunia survival yang wajib diketahui oleh siapapun yang berniat bertahan hidup. Di artikel lain kami akan menjelaskan lebih rinci, untuk itu tetap simak indosurvival.com ya.
Dasar Pengertian Ilmu Survival Dasar Pengertian Ilmu Survival Reviewed by indosurvival on November 11, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar